Bobby Nasution : Pembangunan Kolam Retensi USU Atasi Banjir

Kamis, 27 Juli 2023 | 16.53 WIB

Bagikan:
 Wali Kota Medan, Bobby Nasution didampingi Rektor USU, Muryanto Amin menekan tombol sirine peresmian pembangunan kolam retensi di USU, Kamis (27/7/2023). (foto : mimbar/diskominfo medan)

MEDAN, (MIMBAR) - Pembangunan kolam retensi di Kampus Universitas Sumatera Utara (USU), tepatnya depan Rumah Sakit Sumatera USU Jalan Dr Mansyur dimulai. Kamis (27/7/2023). 


Wali Kota Medan, Bobby Nasution telah meresmikan Ground Breaking  pembangunan kolam yang mengatasi banjir disebabkan meluapnya air di kawasan Jalan Sei Padang dan Sungai Babura tersebut. Jika pembangunan kolam retensi tersebut selesai, maka dapat mengatasi masalah banjir yang selama ini kerap dialami sekitar 400 Kepala Keluarga (KK).


"Saya mengucapkan terima kasih kepada Rektor USU yang mau berkolaborasi bersama Pemko Medan guna menyelesaikan salah satu visi misi dan salah satu program prioritas kami yakni penanganan banjir. Selain membantu menyediakan tempat untuk pembangunan kolam retensi ini, sebelumnya USU juga membantu Pemko Medan dalam mengurangi genangan air, titik banjir dan lama genangan air di Kota Medan," kata Bobby Nasution.


Dikatakan Bobby Nasution, penanganan banjir yang dilakukan harus secara komprehensif. Artinya, penanganan dilakukan  bukan dari hulu ke hilir tetapi dari hilir ke hulu. Untuk itu, imbuhnya, buangan air dari drainase harus optimal hingga ke sungai. “Fungsi kolam retensi ini untuk menampung sementara aliran dari drainase untuk selanjutnya dialirkan ke sungai,” jelasnya.


Kolam retensi yang dibangun di USU ini, jelas Bobby Nasution,  merupakan satu dari tiga kolam retensi yang akan di bangun di Kota Medan. "Sebenarnya ada 8 rekomendasi pembangunan kolam retensi, Cuma yang dibangun di tahun ini ada 3 titik yakni di Kecamatan Medan Baru (USU), Medan Selayang dan Medan Labuhan. Sedangkan 5 lagi, saya harap dapat dilakukan perencanaannya di tahun depan," ungkapnya. (01)


KOMENTAR