Modus Pinjam, Larikan HP Driver Taksol Ditangkap Sekuriti Ketika Hendak Beraksi

Rabu, 16 Agustus 2023 | 11.08 WIB

Bagikan:
Pelaku saat diinterogasi di pos keamanan Thamrin Plaza. (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Seorang pria pelaku penipuan driver taksi online (taksol) diamankan petugas sekuriti Thamrin Plaza saat akan kembali beraksi, Selasa (15/8/23). 


Video detik-detik pelaku diamankan dan diinterogasi pihak sekuruti Thamrin Plaza beredar luas di media sosial (medsos) Instagram.


Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, disebutkan pelaku yang identitasnya belum diketahui tersebut awalnya memesan taksi online dari aplikasi.


Selama dalam perjalanan penjemputan, pelaku mengajak driver ngobrol, sembari mengiming-imingi akan menjadi langganan dan diberikan job lain. 


Sampai di pelataran parkir Thamrin Plaza, pelaku meminjam handphone (HP) driver dengan alasan kehabisan kuota internet. Saat bersamaan, driver sibuk mencari lokasi parkir mobil, karena telah dijanjikan akan memakai jasanya. 


Saat driver lengah, pelaku langsung melarikan diri. Korban tak menyangka akan menjadi korban penipuan, karena melihat sikap dan penampilan pelaku yang meyakinkan. 


Setelah menunggu dan mencari pelaku di seputaran mall, driver yang sadar telah menjadi korban penipuan langsung menemui sekuriti Thamrin Plaza untuk melaporkan kejadian itu. 


Dengan kasus yang hampir sama berdasarkan laporan beberapa korban, pihak keamanan Thamrin Plaza yang melihat keberadaan pelaku dengan wajah dan ciri-ciri yang mirip, langsung mengamankannya.


Saat diinterogasi di pos keamanan Thamrin Plaza, pelaku berusaha membantah tuduhan itu. Namun, setelah banyak korban yang datang, pelaku akhirnya tidak bisa mengelak lagi. 


Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Harles Gultom dikonfirmasi, Rabu (16/8/2023) pagi, mengakui adanya kejadian itu. 


Kata Gultom, sekuriti Thamrin Plaza telah menyerahkan pelaku ke Polsek Medan Area. "Sudah diserahkan ke kita. Nanti saya sampaikan identitas dan kronologisnya ya, pelaku masih diperiksa penyidik," tandasnya. (04)


KOMENTAR