Bupati Asahan Lepas Kirab PSBD ke V

Sabtu, 22 Juli 2023 | 14.41 WIB

Bagikan:
Empat belas etnis yang tergabung dalam Forkala Asahan ikuti kirab PSBD ke V tahun 2023. (foto : mimbar/edo)

ASAHAN, (MIMBAR) - Bupati Asahan, H Surya BSc melepas kirab Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke V tahun 2023 di depan Rumah Dinas Bupati Asahan, Sabtu (22/7/2023).


Pelepasan kirab tersebut diwarnai parade 14 etnis yakni Tabagsel, Batak Toba, Pakhak, Simalungun, Karo, Jawa, Nias, Aceh, Tionghoa, India, Sunda, Banjar, Minang dan Melayu.


Bupati Asahan dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan PSBD bertujuan untuk melestarikan seni, budaya dan tradisi yang ada di tengah tengah masyarakat. PSBD juga untuk menyampaikan informasi serta mempererat silaturahmi antara satu etnis dengan etnis lainnya.


PSBD juga mampu memperkuat persatuan dan kesatuan dan menjadi modal dasar pembangunan yang harus dipertahankan dan dilanjutkan serta memberikan hiburan bagi masyarakat.


Bupati mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya sebagai wujud penghargaan dan perwujudan kecintaan terhadap budaya kearifan lokal. Kegiatan ini juga selaras dengan visi misi Pemkab Asahan "sejahtera, religius dan berkarakter”.


Ketua panitia PSBD, H Nauli Parlaungan Siregar SH yang juga Ketua Etnis Tabagsel menyampaikan kegiatan ini diikuti 14 etnis yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala). 


"PSBD di gelar tanggal 22 Juli hingga 6 Agustus 2023. Setiap malam, secara bergantian etnis menampilkan atraksi kesenian dan budaya masing masing. PSBD di gelar 2 tahun sekali dan pertama di tahun 2013", kata Nauli. (Edo)


KOMENTAR