Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Geopark, Jontiner : Semoga Kedepan Ada Sertifikasi Kompetensi

Jumat, 16 Juni 2023 | 09.57 WIB

Bagikan:
Kepala Bidang Usaha Pariwisata dan Kerja Sama, Jontiner Sinabutar, saat membuka Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi para pelaku wisata yang ada di kawasan Geopark Kaldera Toba di Saulina Hotel, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat (16/6/2023). (Foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Samosir, menggelar Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan bagi para pelaku wisata yang ada di kawasan Geopark Kaldera Toba, kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 15 - 17 Juni 2023, yang digelar di Saulina Hotel, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Jumat (16/6/2023)


Kepala Bidang Usaha Pariwisata dan Kerjasama, Jontiner Sinabutar mengatakan pihaknya mengarahkan Pemandu Wisata Geopark. Progaram ini dilaksanakan demi mendukung, Kaldera Toba tervalidasi nanti tetap menjadi bagian UGG.


Ia menyebut pelatihan sejenis ini pertama kalinya dilakukan di Kawasan Geopark Kaldera Toba. Para peserta yang diundang, lanjut Jontiner, berasal dari Pengelola Geosite Se-Kawasan Danau Toba.


"Mereka dilatih dan dibekali, bagaimana mereka memandu wisatawan nanti, terkhusus wisatawan khusus Geopark," sebutnya.


Dikatakan Jontiner, para narasumber diundang dari Badan Pengelola Geopark Toba, dan General Manager Geopark Rinjani Lombok, Muhammad Farid. 


"Beliau sangat mumpuni, sehingga kita harap dapat berbagi pengalaman kepada para pemandu kita, sehingga mereka mengerti cara menyampaikan informasi tentang geopark kepada wisatawan," jelasnya.


Pelatihan ini kata Jontiner, diikuti lebih dari tiga puluh orang peserta, yang seharusnya empat puluh orang yang diundang. Meski demikian, Jontiner berharap pelatihan ini tidak sampai disini saja, melainkan berkelanjutan hingga mendapat sertifikasi kompetensi nantinya.


"Kedepannya kita berharap ada paguyuban untuk para pemandu wisata khusus geowisata atau geopark ini," harapnya. (val)


KOMENTAR