Asisten II Sekdakab Asahan Buka Sosialisasi Sertifikasi Produk Halal

Rabu, 06 September 2023 | 17.39 WIB

Bagikan:
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Asahan, Ir Oktoni Eryanto MMA membuka sosialiasi sertifikasi produk halal di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (6/9/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Asahan, Ir Oktoni Eryanto MMA membuka sosialiasi sertifikasi produk halal di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (6/9/2023). 


Turut hadir Kadis Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Asahan, Kepala Cabang Bank Sumut Kisaran dan UMKM.


Bupati Asahan dalam pidatonya yang dibacakan Asisten II mengatakan dalam rangka meningkatkan investasi, kemudahan berusaha dan penyederhanaan proses perizinan serta memberikan perhatian kepada usaha mikro dan kecil, Pemerintah Indonesia melakukan terobosan dengan mengesahkan omnibus law.


UU No 11 tahun 2020 tentang cipta kerja dengan tujuan untuk mendorong kemudahan berusaha dengan sistem perizinan yang sederhana. 


Lebih lanjut Oktoni mengatakan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Asahan telah memfasilitasi para pelaku UMKM dalam pengurusan legalitas produk antara lain mendampingi penerbitan NIB (Nomor Induk Berusaha), Pengurusan Izin P-IRT (Perizinan - Industri Rumah Tangga), Pengurusan Izin Halal dan Penerbitan Rekomendasi HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).


Oktoni menyampaikan pelaku usaha yang sudah diberikan pendampingan sertifikat halal dari bulan Januari hingga saat ini sebanyak 236 pelaku usaha. Kita akan terus melakukan pendampingan kepada pelaku usaha yang belum memiliki legalitas produk sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas (Edo)


KOMENTAR