Edy Rahmayadi Bangga Terhadap Kepahlawanan Letjen Jamin Ginting

Rabu, 14 Juni 2023 | 14.26 WIB

Bagikan:
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menghadiri Penganugerahan MURI Jalan Letjen Jamin Ginting sebagai nama Pahlawan untuk Jalan Raya Terpanjang di Indonesia di Wisma Benteng Jalan Kapten Maulana Lubis Nomor 6 Medan, Rabu (14/6/2023). (foto : mimbar/diskominfo sumut)

MEDAN, (MIMBAR) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengaku bangga terhadap kepahlawanan Letjen Jamin Ginting dan mengapresiasi pencatatan Jalan Letjen Jamin Ginting sebagai jalan nasional terpanjang di Indonesia, oleh Museum Rekor Indonesia (MURI). Yakni sepanjang 71,3 Kilometer yang melintasi Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Karo.

 

Pemberian rekor jalan terpanjang di Indonesia ini dilakukan Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri pada pemberian piagam kepada keluarga Letjen Jamin Ginting di Gedung Wisma Benteng, Jalan Kapt Maulana Lubis, Kota Medan, Rabu (14/6/2023). Hadir di antaranya Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua Yayasan Pahlawan Nasional Jamin Ginting Letjen Purn Amir Sembiring, serta keluarga dan tokoh masyarakat Suku Karo.

 

Dalam sambutannya, Gubernur Edy Rahmayadi mengatakan bahwa penobatan Jalan Jamin Ginting sebagai jalan nasional terpanjang di Indonesia oleh MURI adalah bentuk penghormatan kepada pahlawan. Mengingat perjuangan Sang Jenderal yang begitu besar kepada bangsa ini. Sehingga jalur mulai dari titik nol-nya di Kota Medan ke Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang sampai ke Kecamatan Tigapanah, Kabupaten Karo, tidak terputus, diterima dengan nama jalan yang sama.

 

“Kenapa sampai seperti itu, ya bahkan Jamin Ginting juga tidak pernah minta. Dan ini adalah penghormatan kita kepada kepahlawanan Jamin Ginting. Sebab, hanya bangsa yang besar yang menghargai pahlawannya. Harusnya ini sampai ke perbatasan Aceh,” ujar Gubernur, didampingi Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Baharuddin Siagian dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Ilyas Sitorus.

 

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa Jamin Ginting merupakan pahlawan yang semasa bertugas di ketentaraan, pernah membuat gebrakan dengan menerbitkan uang untuk kepentingan masyarakat. Mengingat kondisi rakyat yang mengalami kesulitan saat itu.

 

“Jadi beliau (Jamin Ginting) ini adalah senior kami, orang yang punya inovasi dan integritas. Saya bangga, karena begitu banyak yang bisa dibanggakan dari Jamin Ginting,” kata Gubernur. (01)


KOMENTAR