Camat Kisbar Dukung Bazar Jajanan Tradisional Nusantara Inovasi PKK Bunut Barat

Minggu, 11 Juni 2023 | 15.02 WIB

Bagikan:
Camat Kisbar saat mengunjungi bazar jajanan tradisional inovasi PKK Bunut Barat, Ahad (11/6/2023). (foto : mimbar/edo)

ASAHAN, (MIMBAR) - Beranekaragam jajanan tradisional nusantara, hampir setiap minggu tersaji di bazar Jalan Jend Sudirman persis di depan  Kantor Kelurahan Bunut Barat Kecamatan Kota Kisaran Barat Asahan.


"Bazar jajanan kue itu dikelola para ibu-ibu yang tergabung dalam PKK Kelurahan Bunut Barat. Harga jualnya relatif murah hanya Rp.1000 sepotong", kata Ketua PKK Kelurahan Bunut Barat, Asmawati, Ahad (11/6/2023).


Lebih lanjut, Asmawati menjelaskan kita berjualan usai sholat subuh hingga pukul 10.00 wib. Saat ini sudah banyak ibu ibu rumah tangga yang ikut berdagang menjual kue tradisional nusantara.


"Alhamdulillah hampir setiap minggu jajanan yang kita jual ludes terjual. Banyak pembeli dari kampung kita sendiri maupun orang yang melintas dari berbagai daerah singgah membeli. Jajanan yang kita jual bikin rindu dan ketagihan", kata Asmawati.


Ibu Sonya mengatakan ide mereka mendapat dukungan dari Pemkab Asahan. Buktinya hari ini, pak Camat dan Ibu PKK didampingi Lurah Bunut Barat, Rio Firza dan Lurah Sei Renggas Angga Simatupang memborong jajanan kami", kata Sonya.


"Pokoknya asyiklah bang, kita bisa jualan nambah penghasilan dikit dikit dan bisa silahturahmi sesama emak emak di kampung kita setiap minggu. Semoga jualan kami laris manis", ujar Sonya tersenyum bahagia.


Ibu Hikmah menambahkan semoga jajanan yang kami jual setiap hari minggu bisa mengangkat nama baik kampung kami jadi semakin terkenal karena sajian dagangan jajanan tradisional nusantaranya.


"Hari ini kita sudah mendapatkan kunjungan dari pak Camat dan ibu PKK. Kita berharap kunjungan pak Bupati Asahan H Surya BSc dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin SSos MSi serta ibu PKK Asahan", kata Hikmah.


Camat Kota Kisaran Barat, Khualid Armansyah SSos menuturkan dirinya mendukung dan memberi apresiasi kepada ibu ibu PKK Kelurahan Bunut Barat yang begitu kreatif mampu mendirikan bazar jajanan makanan nusantara.


"Artinya apa yang dilakukan ibu ibu ini perlu kita dukung. Ini merupakan kegiatan yang positif dan sesuai dengan visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter", kata Camat.


Camat berharap bazar ini bisa terus berkembang baik.Sehingga kedepannya mampu menambah penghasilan ekonomi para ibu ibu.


Macam jajanan kue tradisional yang dijual : getuk, tiwol, cenil, brontol, lupis, dan lainnya. (Edo)


KOMENTAR