Wakil Bupati Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Tingkat Kabupaten Samosir

Senin, 22 Mei 2023 | 19.13 WIB

Bagikan:
Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang pimpin upacara Peringatan Hari kebangkitan Nasional, di Tanah Lapang, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (22/5/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Wakil Bupati Samosir, Drs Martua Sitanggang, MM bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Ke-115 Tingkat Kabupaten Samosir, yang digelar di Tanah Lapang Pangururan, Senin (22/5/2023).


Upacara Harkitnas Ke-115, diikuti Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman, Kajari Samosir, Andi Adikawira Putera, anggota DPRD Samosir, Saur Tua Silalahi dan Magdalena Sitinjak, Pejabat Tinggi Pratama, PJU Polres Samosir, Camat Pangururan, Danramil Pangururan.


Plt Menteri Kominfo, M. Mahfud MD dalam sambutannya, yang dibacakan Wabup Martua mengatakan, pada masa ini, di saat kemerdekaan telah diraih, barisan perjuangan harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak, mengobarkan api “Semangat untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.


“Kita patut bersyukur pada tanggal 5 Mei 2023, WHO telah mengumumkan bahwa darurat kesehatan global untuk Covid-19 secara resmi dicabut. Di tengah kekurangan, tantangan dan masalah yang kita hadapi bersama, barisan perjuangan rakyat Indonesia terbukti tetap erat dalam melaksanakan penanganan pandemi covid-19 sekaligus untuk memulihkan perekonomian bangsa", ujar Martua


Dikatakan Maratua, hal ini menjadi momentum untuk memaknai hari Kebangkitan Nasional ke-115 ini, sebagai upaya membangun semangat kebangsaan untuk bangkit pasca pandemi.


“Hari Kebangkitan Nasional ini, kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama kita. Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Sektor Swasta, Akademisi, Pers, Komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahu membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan Kebangkitan Bangsa kita dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian, hingga geopolitik sekalipun,” jelasnya.


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, ia menjelaskan bahwa, perekenomian Indonesia tahun 2022 tercatat tumbuh 5,31 persen yoy, jauh meningkat dari pertumbuhan di tahun 2021 sebesar 3,70 persen yoy, dan bahkan melebihi capaian pertumbuhan sebelum masa pandemi di tahun 2019, dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di Triwulan I Tahun 2023 juga masih tercatat terus bertumbuh sebesar 5,03 persen yoy, dimana hal ini menunjukan performa yang lebih baik dari periode Triwulan IV Tahun 2022 yang tumbuh sebesar 5,01 persen yoy.


“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan Bangsa Indonesia," harapnya.


Mengakhiri sambutannya, Plt Menkominfo mengucapkan, selamat memaknai dan memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-115 bagi kita semua, “Berjuang, belajar, bertumbuh, dan terus melangkah maju, dengan semangat untuk Bangkit”. (val)


KOMENTAR