Kembangkan Dunia Usaha LP3 Teknologi Putra Bangsa Gelar Peningkatan Life Skill

Rabu, 31 Mei 2023 | 16.39 WIB

Bagikan:
Peserta antusias mengikuti pelatihan life skill dari LP3 Teknologi Putra Bangsa di Medan, Rabu (31/5/2023). (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Lembaga Pusat Pendidikan Pelatihan (LP3) Teknologi Putra Bangsa menggelar peningkatan pelatihan keterampilan life skill bagi warga Kabupaten Aceh Utara.


Ketua Tim Pelatihan, Muhammad, mengatakan kegiatan life skill bertempat di Hotel Grand Jamee dan Hotel Ori Berastagi yang berlangsung selama 12 hari.


Kata Muhammad, para peserta yang mengikuti pelatihan ini diberikan pembelajaran dan praktik langsung dengan instruktur yang berkompeten di bidangnya masing-masing. 


"Adapun pelatihan life skill tersebut dilatih yakni, tata rias pengantin, salon, servis AC, servis handphone, menjahit, otomotif, barbershop, mengelas dan lainnya," ungkap Muhammad kepada wartawan di Medan, Rabu (31/5/2023).


Muhammad berharap, setelah pelatihan life skill ini dilaksanakan para peserta diberikan alat kerja sesuai pelatihan life skill yang mereka pilih agar nantinya mereka bisa membuka usaha bekerjasama dengan Bumdes desa sebagai pemodal mereka nantinya.


"Ataupun mereka bisa bekerja sesuai pelatihan life skill yang mereka kuasai sehingga nantinya bisa menghasilkan pendapatan keluarganya," jelasnya.


Sementara itu, Nura Faiza salah seorang peserta menyambut baik pelatihan life skill yang digelar dalam bidang tata rias. Menurutnya, selama mengikuti pelatihan cukup mendapat ilmu yang sangat berharga.


"Ilmu yang didapat seperti memotong rambut, rias wajah, rebonding, make-up pengantin dan sebagainya," ujar warga Kecamatan Syamta Lira Arun, Aceh Utara, seraya menyebutkan usai mengikuti pelatihan ini nantinya akan membuka rias pengantin.


Pada kesempatan yang sama Zulfikar yang mengikuti pelatihan servis handphone juga mengakui mendapat pembelajaran dalam memperbaiki handphone yang rusak.


"Ini menjadi pelajaran yang sangat berharga karena diajari bagaimana menggunakan solder, memperbaiki layar LCD handphone yang rusak," terang warga Lhoksukon tersebut.


Pihak LP3 Teknologi Putra Bangsa, M Andhika Ramadhan, mengucapkan terima kasih kepada Ketua BKAD dan Ketua Forum Kecamatan Syamtalira Aroun, Kecamatan Pirak Timur dan Kecamatan Lhoksukon, yang sudah menyempatkan waktunya untuk monitoring ke lokasi kegiatan dengan hasil yang sangat memuaskan. 


"Semoga kegiatan pelatihan life skill ini tetap berlangsung kepada masyarakat, agar Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) nawa cita pemerintah dapat terwujud dengan cepat yang kita mulai dari desa," pungkas Andhika. (04)


KOMENTAR