BPSDMP Medan Perkenalkan TIK ke Penyandang Disabilitas

Selasa, 09 Mei 2023 | 10.28 WIB

Bagikan:
Puluhan penyandang disabilitas di Asahan foto bersama sebelum mengikuti kegiatan pengenalan TIK di Aula MUI Asahan, Selasa (9/5/2023). (foto : mimbar/edo)

ASAHAN, (MIMBAR) - Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Medan menggelar pengenalan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) bagi penyandang disabilitas di Aula MUI Asahan, Selasa (9/5/2023).


Ketua perkumpulan penyandang disabilitas, Sukri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan acara TIK. Kegiatan ini sangat bermanfaat, agar kami mampu memanfaatkan TIK dalam kehidupan sehari-hari.


Kepala BPSDMP Medan, Jarudo Damanik S Kom mengatakan Kemkominfo memiliki program kerja utama untuk melaksanakan digital talent scholarship dan pengenalan TIK bagi wanita, anak sekolah dan disabilitas. Saat ini seluruh aktivitas dapat dilakukan melalui internet dan komputer. Kita berharap penyandang disabilitas dapat memiliki kesempatan yang sama dalam pengembangan skill dan kompetensi dalam bidang digital. 


"Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong semangat para penyandang disabilitas untuk berkontribusi dalam transformasi digital dengan metode yang di lakukan bersifat humble atau mengedepankan pendekatan lebih dalam pada proses pembelajaran”, kata Jarudo. 


Asisten II Ir Oktoni Eryanto MMA menjelaskan seiring kemajuan teknologi, kebutuhan dan cara manusia dalam melakukan suatu hal berubah termasuk pada penggunaan teknologi informasi. Keterampilan penguasaan TI merupakan salah satu upaya untuk menunjukkan keterampilan penyandang disabilitas dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk tujuan produktif.


Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong komunitas ini untuk mengambil peran yang sama dengan komunitas yang lainnya dalam membangun industri teknologi informasi yang berkembang pesat”, kata Oktoni. (Edo)


KOMENTAR