Gubsu Serahkan DIPA dan TKD ke Bupati Asahan

Jumat, 02 Desember 2022 | 19.20 WIB

Bagikan:
Bupati Asahan, H Surya BSc menerima DIPA dari Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. (foto : mimbar/edo)

MEDAN, (MIMBAR) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Transfer Ke Daerah (TKD) kepada Bupati/Wali Kota di Aula Tengku Rizal Nurdin Jalan Sudirman Medan, Jumat (2/12/2022).


Gubsu menyampaikan kegiatan ini merupakan simbol dimulainya pelaksanaan APBN tahun 2023. DIPA Kementerian/Lembaga dan daftar alokasi TKD merupakan dokumen APBN yang sangat penting untuk menjadi acuan bagi Instansi Vertikal, Kementerian, Lembaga dan Kepala Daerah dalam melaksanakan program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


Gubsu menyampaikan pesan Presiden Ir Joko Widodo bahwa belanja negara diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui belanja pendidikan dan kesehatan. Untuk membangun SDM unggul dan produktif, penyelesaian proyek proyek strategis nasional, penguatan hilirisasi industri, dan pengembangan ekonomi hijau.


Gubsu menyampaikan kepada Pemerintah Daerah untuk dapat menjaga dan memperkuat jaring pengaman sosial terutama bagi masyarakat miskin dan rentan. Menurunkan kemiskinan ekstrem dan mengurangi kesenjangan, meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam perbaikan layanan kepada masyarakat dan mendukung persiapan Pemilu 2024. 


Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provsu Heru Pudyo Nugroho mengatakan APBN tahun 2023 mengusung tema optimis dan tetap waspada. APBN dirancang untuk tetap menjaga optimisme pemulihan ekonomi, namun pada saat yang sama juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam merespons gejolak global yang masih terus berlangsung. 


Nugroho mengharapkan agar DIPA Kementerian/Lembaga dan daftar alokasi TKD ditindaklanjuti sehingga APBN dapat dilakukan di awal tahun. Dengan demikian masyarakat dapat merasakan manfaat secara maksimal. 


Bupati Asahan, H Surya BSc selain menerima DIPA dan TKD, juga menerima penghargaan peringkat ke-2 kinerja penyaluran Dana Desa terbaik tahun 2022. Bupati Asahan mengucapkan syukur alhamdulillah dan berterima kasih kepada semua pihak yang berperan aktif, sehingga diperoleh hasil memuaskan yakni peringkat 2 kinerja penyaluran DD.


Bupati berharap seluruh OPD berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan setiap program pembangunan dengan tetap mematuhi peraturan yang berlaku. "Saya berharap kita tetap melaksanakan tugas dengan tetap berpedoman kepada prinsip 3T (Tertib administrasi, Tertib anggaran dan Tertib bertugas) demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan "sejahtera, religius dan berkarakter". (Edo)


KOMENTAR