Cegah Stunting, Dinas Kesehatan Asahan Gelar Deklarasi Ibu Hamil

Jumat, 23 Desember 2022 | 14.59 WIB

Bagikan:
Camat Rawang Panca Arga berikan bantuan kepada ibu hamil untuk cegah stunting. (foto : mimbar/edo)

ASAHAN (MIMBAR) - Pemkab Asahan melalui Dinas Kesehatan menggelar Deklarasi Ibu Hamil Indonesia dalam mencegah stunting di Aula Kantor Camat Rawang Panca Arga, Jum'at (23/12/2022).


Tampak hadir Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Asahan, Camat Rawang Panca Arga, PKK Asahan, kader pos yandu, para Kades, Ibu hamil dan undangan lainnya.


Camat Rawang Panca Arga, Resmanto Tambunan SE mengatakan stunting memang masih menjadi polemik di setiap daerah, akan tetapi tidak semua masyarakat paham dan mengerti tentang stunting. Untuk itu saya mengajak kepada masyarakat khususnya masyarakat Kecamatan Rawang Panca Arga, untuk lebih memahami bahaya stunting, sehingga percepatan penurunan stunting yang diharapkan Pemerintah dapat segera terwujud. 


"Permasalahan stunting bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, tetapi ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Saya berpesan kepada ibu hamil agar selalu menjaga pola makan dan gizi seimbang supaya kandungan ibu selalu sehat sehingga proses persalinan berjalan dengan lancar", kata Resmanto.


Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Asahan, Fahrizal Pohan mengatakan dalam rangka percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan prevalensi balita stunting, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui peningkatan pelayanan kesehatan ibu hamil. Dalam kegiatan ini sasaran utamanya adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).


Lebih lanjut, Fahrizal menyampaikan harapan Bupati Asahan agar kegiatan ini dapat menjadi komitmen bersama khususnya bagi ibu hamil. Laksanakan pemeriksaan kehamilan minimal 2 sampai 6 kali melakukan USG.Ikuti kelas ibu hamil minimal 4 kali, konsumsi tablet tambah darah setiap hari, memenuhi nutrisi sesuai rekomendasi. Pantau peningkatan berat badan dan lakukan persalinan di Fasyankes.


Kedepannya gerakan ibu hamil dehat tidak hanya berfungsi meningkatkan kualitas kesehatan ibu hamil, namun diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi ibu ibu agar menjaga kehamilannya, sebagai salah satu upaya pencegahan stunting sebelum bayi dilahirkan.


"Mari dukung ibu hamil lebih sehat dan bahagia demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter", kata Fahrizal. (Edo)


KOMENTAR