Jelang Idul Adha Pemkab Asahan Buka Puasa Bersama

Jumat, 31 Juli 2020 | 06.39 WIB

Bagikan:

KISARAN, (MIMBAR) - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar buka puasa bersama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan. Usai buka puasa bersama dilanjutkan sholat magrib berjamaah, makan malam, tausiah dan sholat isya berjamaah, Kamis (30/7/2020).

Buka puasa bersama dihadiri Bupati Asahan, H Surya BSc, Dandim 0208 Asahan, Letkol Sri Marantika Beruh, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Ketua MUI Asahan, H Salman Abdullah Tanjung, Ketua Imtaq Asahan, H Ahmad Kosim Marpaung, OPD, Ustadz, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Bupati Asahan memberikan kupon qurban kepada para ustadz yang diserahkan secara simbolis kepada Kakankemenag Asahan, Ketua MUI Asahan, Ketua Imtaq Asahan, Ketua NU Asahan, Ketua Al WashliyahAsahan dan Ketua Muhammadiyah Asahan.

Bupati Asahan menyampaikan bahwa umat Islam di Asahan hendaknya memaknai Hari Raya Idul Adha ini tidak sebatas perayaan tahunan belaka, akan tetapi lebih dari itu, pada hakikatnya ada makna filosofis yang perlu kita gali dibalik Hari Raya Idul Adha ini. Setidaknya ada 4 peristiwa penting yakni Ibadah Haji, Puasa Arafah, Sholat Idul Adha dan Ibadah Qurban.

Dalam semua ibadah tersebut terdapat nilai-nilai sosial kemanusiaan karena semuanya mengajarkan untuk mencintai sesama, saling menolong, saling memberi dan persamaan derajat sehingga muaranya akan dapat mengokohkan semangat untuk hidup rukun berdampingan dengan sesama. Disamping itu ada sejarah yang dapat kita jadikan pelajaran untuk memberikan pesan kepada kita semua agar kita membersihkan hati dan jiwa dari nafsu-nafsu hewani yang seringkali melekat pada diri manusia.

"Kecintaan kita terhadap atribut-atribut duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah SWT. bahkan kita diharapkan mau mengorbankan apa yang kita miliki dan apa yang kita cintai demi kepentingan umat, bangsa dan negara", kata Bupati.

Bupati mengatakan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Asahan, mengucapkan selamat merayakan Idul Adha 1441 H semoga spirit dan nilai-nilai positif dibalik hari raya tahun ini dapat menjadikan diri kita lebih baik di sisi Allah SWT.

Ustad H Ahmad Qosim Marpaung dalam tausiahnya mengajak hadirin untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan meningkatkan silaturrahmi kepada sesama. Mari saling berbuat baik kepada sesama dan meninggalkan sifat-sifat buruk yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Semoga ibadah qurban yang dilakukan dapat diterima Allah SWT. (Edo)

KOMENTAR