PT Omega Ubah Limbah Menjadi Solusi, Ini Manfaat FABA

Minggu, 23 Juni 2024 | 13.57 WIB

Bagikan:
FABA. (foto : mimbar/ded)

LANGKAT, (MIMBAR) - PT Omega Indonesian Jaya yang berada di Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan limbah berupa  Fly Ash dan Bottom Ash (FABA) bekerja sama dengan BUMDES Karya Tanjung.


Itu didukung dengan keberadaaan PT PLN Indonesia Power UBP Pangkalan Susu yang mengelola PLTU Pangkalan Susu, dari proses operasionalnya menghasilkan FABA yang dibutuhkan PT Omega Indonesia Jaya, merupakan limbah non B3  yang menjadi bahan baku pengelolaan pemanfaatan yang bernilai ekonomi dan hadir di tengah masyarakat memberikan kesejahteraan, perputaran ekonomi khususnya di Pangkalan Susu meningkat. 


Anthoni selaku perwakilan perusahaan PT Omega Indonesia Jaya menuturkan, tujuan utama berdirinya perusahaan mereka tentunya mengurangi jumlah pengangguran. 


Selain itu, mengurangi dampak lingkungan dari limbah yang dihasilkan PLTU tersebut. Dampak positif diterima sepenuhnya oleh masyarakat yang telah bekerja dengan mereka dalam mengelola limbah FABA


“Kami dan masyarakat bersama-sama bekerja untuk menjadikan lingkungan yang bersih. Tentunya dengan prosedur yang berlaku sehingga tidak melanggar hukum,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (23/6/2024). 


Kata dia, PT Omega Indonesia Jaya sudah mendapatkan Izin pengelolaan FABA dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan S.104/PLB3/PN/PLN.5.1/02/2024. 


"Hal inilah yang membuat kita diterima di masyarakat dan bersama membangun Kabupaten Langkat. Jadi, isu-isu miring di luar sana tidak benar. Namun, itu menjadi semangat kami untuk terus bekerja. Kami selalu membuka pintu kerja sama kepada pihak manapun sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku," katanya.


Dia menyatakan, berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pangkalan Susu dan menjaga lingkungan.

  

“Manalah mungkin kami bekerja di luar prosedur. Kami tetap menerapkan azas hukum dan taat hukum,” tuturnya. 


“Kami bersama BUMDES mengucapkan terima kasih atas kerja samanya selama ini dengan PT PLN Indonesia Power UBP Pangkalan Susu. Besar harapan kami agar kepercayaan ini dapat ditingkatkan lagi. Perusahaan kami tetap menjaga kepercayaan masyarakat. Untuk itu, kami juga perlu dukungan semua pihak untuk membangun Kabupaten Langkat dan mengurangi dampak polusi lingkungan yang dihasilkan PLTU,” pungkasnya. (04)


KOMENTAR