Pemko Medan Diminta Lakukan Pelatihan Ketrampilan Daur Ulang Sampah di Setiap Lingkungan

Sabtu, 27 April 2024 | 16.55 WIB

Bagikan:

Anggota DPRD Medan, Sukamto SE. (foto : mimbar/mar)

MEDAN, (MIMBAR) - Anggota DPRD Medan, Sukamto SE minta Pemko Medan melalui sejumlah OPD lakukan pelatihan keterampilan daur ulang sampah kepada masyarakat di setiap lingkungan. Dengan bekal terlatih dan trampil, nantinya warga mampu mendaur ulang berbagai jenis sampah menjadi kerajinan tangan.


“Kegiatan itu sangat bermanfaat, selain masyarakat peduli kebersihan juga akan membantu ekonomi keluarga dari hasil kerajinan tangan,” ujar Sukamto SE, Sabtu (27/4/2024).


Menurut Sukamto, sejumlah Dinas terkait harus dilibatkan begitu juga Lurah dan Kepling untuk merekrut dan melatih warga melalui kelompok. Mereka yang dilatih dipastikan mampu berinovasi dan menciptakan sebuah kerajinan tangan.


“Kalau saja setiap lingkungan atau Kelurahan, ada warga yang memiliki keterampilan membuat produk barang antik hasil kerajinan tangan dari sampah. Maka sampah menjadi bernilai tinggi dan tidak lagi terbuang sembarangan. Bahkan, warga pun memiliki usaha terhindar pengangguran,” ungkap Sukamto.


Sukamto SE mengajak warga tetap peduli kebersihan. Guna menciptakan Kota Medan yang bersih, masyarakat diingatkan jangan membuang sampah sembarangan. Tetapi hendaknya mewadahi sampah masing-masing. (01)


KOMENTAR