Ketua DPRD Medan Inginkan Masyarakat Dapat Terlayani Program UHC

Sabtu, 25 November 2023 | 14.31 WIB

Bagikan:
Ketua DPRD, Medan Hasyim SE. (foto : mimbar/dok)

MEDAN, (MIMBAR) - Guna memastikan penerapan Perda No 4 Tahun 2012 tentang Kesehatan dan pelaksanaan Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) agar benar-benar terlaksana dengan baik bagi masyarakat Medan. Ketua DPRD Medan, Hasyim SE rutin mensosialisasikan Perda dan program tersebut.


Sehingga, program UHC JKMB hasil dari kolaborasi DPRD dan Pemko Medan yang merupakan implementasi Perda No 4/2012 bermanfaat dan tepat sasaran bagi warga prasejahterah.   

“Dengan program UHC, cukup menggunakan KTP/KK warga Medan mendapat pelayanan berobat gratis,” sebut Hasyim SE di Medan, Sabtu (25/11/2023).

Dikatakan Hasyim, kendati Pemko Medan memberi jaminan layanan berobat gratis bagi warga Medan. Namun, Hasyim mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan.

"Kesehatan merupakan hal yang paling berharga, tidak ada gunanya kita kaya harta kalau sakit sakitan karena akan habis semua. Tetapi kalau kita sehat berkesempatan mencari rejeki. Maka itu harus  dijaga pola makan, istirahat yang cukup dan berolahraga yang rutin,” ujar Hasyim yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Medan itu.

Ditambahkan Hasyim, sebagai bentuk kolaborasi DPRD dengan Pemko Medan memperhatikan kesehatan warganya tetap mengalokasikan anggaran yang cukup besar. “Untuk tahun 2023 anggaran kesehatan sekitar Rp 180 Miliar dan Tahun 2024 bertambah sehingga sekitar Rp 200 Miliar,” kata Hasyim.

Anggaran tersebut kata Hasyim Pemko Medan supaya mempergunakan dengan maksimal. “Pelayanan Puskesmas terus ditingkatkan. Rumah Sakit yang memberikan pelayanan buruk bagi pasien UHC supaya ditindak tegas. Apalagi menolak dengan alasan kamar penuh serta menyuruh pasien pulang kendati belum pulih,” tandas Hasyim. (01)


KOMENTAR