Maksimalkan Pengamanan Pemilu, Sat Samapta Polres Labusel Tingkatkan Kemampuan

Selasa, 31 Oktober 2023 | 16.08 WIB

Bagikan:
Personel Satuan Samapta Polres Labusel melakukan uji kemampuan penggunaan metal detector. (foto : mimbar/ded)

LABUSEL, (MIMBAR) - Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, personel Satuan Samapta Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel) meningkatkan kemampuan pengamanan.


"Kegiatan ini untuk memperkuat kemampuan personel di lapangan melakukan pengamanan terutama menjelang pemilu 2024," kata Kapolres Labusel, AKBP Maringan Simanjuntak melalui Kasat Samapta, AKP Zulkifli, Selasa (31/10/2023).


Diterangkannya, dalam kegiatan itu personel Samapta Polres Labusel yang tergabung dalam Satgas Preventif dan Satgas Sterilisasi melakukan pelatihan penggunaan Metal Detector di halaman Mapolres Labusel. 


"Kita menjelaskan kepada personel yang terlibat Satgas Preventif dan Satgas Sterilisasi Operasi Mantap Brata Toba Tahun 2023 – 2024 tentang cara penggunaan Metal Detector tersebut," terangnya.


Zulkifli menyebut, tujuan pelatihan itu untuk meningkatkan kemampuan personel serta memberikan pemahaman cara kerja dan menggunakan Metal Detector tersebut.


“Kita lakukan pelatihan ini agar personel mengerti dan memahami cara penggunaan Metal Detector tersebut,” tuturnya.


Sebelumnya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Mantap Brata 2023-2024 di Lapangan Samapta (belakang) Polda Sumut, Selasa (17/10/2023). 


Diharapkan, pengamanan pemilu 2024 selama 222 hari mulai dari 19 Oktober 2023 hingga 20 Oktober 2024 berjalan aman dan lancar, karena sebagai bukti penentuan masa depan.


Dijelaskannya, pengamanan pemilu 2024 itu melibatkan Polri 12.877 personel, TNI 4.891 personel, dan Linmas 101.540 personel.


Keseluruhan personel itu akan mengamankan 45.875 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan didatangi 10.853.940. Sedangkan untuk daerah pengamanan terbagi dalam wilayah hukum kepolisian.


Rayon I, Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, Polres Langkat, Polres Binjai dan Polresta Deli Serdang. Rayon II, Polres Tanah Karo, Polres Pakpak Barat, Polres Sergai, Polres Pematang Siantar, Polres Simalungun dan Polres Tebingtinggi.


Rayon III, Polres Batubara, Polres Asahan, Polres Tanjung Balai, Polres Labuhanbatu, Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel). Rayon IV, Polres Samosir, Polres Humbahas, Polres Toba dan Polres Taput. Rayon V, Polres Sibolga, Polres Tapteng. Rayon VI Polres Padangsidimpuan, Polres Tapsel, Polres Palas dan Polres Madina Rayon VII, Polres Nias dan Polres Nias Selatan (Nisel). (04)


KOMENTAR