Sekda Asahan : Obat Cacing Mampu Cegah Stunting

Sabtu, 16 September 2023 | 13.54 WIB

Bagikan:
Sekda Asahan, Drs H John Hardi Nasution MSi memberikan obat cacing kepada murid SDN 010076 Pondok Bungur Kecamatan Rawang Panca Arga, Sabtu (16/9/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Sekda Asahan, Drs H John Hardi Nasution MSi mengunjungi SDN 010076 Pondok Bungur Kecamatan Rawang Panca Arga. Kunjungan ini untuk Pemberian Obat Pencegah Massal (POPM), Sabtu (16/9/2023).


Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Asahan, Fahrizal Pohan menyampaikan tujuan kegiatan untuk menurunkan angka penyakit kecacingan pada anak usia sekolah melalui pemberian obat pencegah cacingan terintegrasi. 


Selanjutnya mengoptimalkan penyerapan karbohidrat, protein, vitamin A dan zat besi sehingga meningkatkan kwalitas hidup, status gizi dan tumbuh kembang anak serta mencegah stunting.


Sekda Asahan mengatakan pemberian obat pencegah cacingan massal ini adalah program Kementrian Kesehatan. Pemkab Asahan telah melakukan 4 tahun berturut turut setiap bulan Februari dan bulan Agustus. Capaian setiap tahunnya 98%, artinya hampir seluruh anak anak di Asahan sudah mendapatkan obat pencegah cacingan.


Lebih lanjut John mengatakan, tujuan pemberian obat pencegah cacingan ini untuk mencegah terjadinya stunting, gizi buruk dan kecerdasan menurun. Untuk membiasakan hidup sehat dan bersih dari diri sendiri.


"Peran orang tua dan guru sangat penting. Selain memberikan edukasi, kita harus hidup bersih dengan cara melaksanakan cuci tangan pakai sabun dan air bersih di sekolah maupun di rumah. Dengan demikian, kita berharap tercipta generasi sehat dan berkwalitas", kata Sekda. (Edo)


KOMENTAR