Laka Lantas Menurun, Satlantas Polres Labuhanbatu Patroli Lokasi Rawan

Rabu, 13 September 2023 | 10.14 WIB

Bagikan:
Personel Satlantas Polres Labuhanbatu melaksanakan kegiatan patroli rutin daerah rawan laka lantas. (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Untuk menekan terjadinya angka kecelakaan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Labuhanbatu meningkatkan patroli di daerah rawan. Kegiatan itu efektif menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas).


Kapolres Labuhanbatu, AKBP James H Hutajulu melalui Kasat Lantas, AKP M Ainul Yaqin mengatakan, patroli lokasi rawan laka lantas itu rutin dilakukan pihaknya, khususnya pelaksanaan Operasi (Ops) Zebra Toba 2023, sejak 4 sampai 17 September 2023.


"Satlantas Polres Labuhanbatu tidak hanya melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan tilang, namun juga tetap melaksanakan kegiatan patroli di lokasi rawan kecelakaan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu dan Labura," kata Yaqin, Rabu (13/9/2023).


Dia menyebut, kegiatan rutin itu dilaksanakan sejak pagi, siang, sore hingga malam hari atau disebut dengan kegiatan "Blue Light Patrol".


Kegiatan tersebut dianggap efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, khususnya di sepanjang jalur utama Jalinsum.


"Karena dengan adanya mobil patroli polisi di jalan, para pengemudi kendaraan bermotor yang melintas akan lebih tertib tidak ugal-ugalan atau ngebut di sepanjang Jalinsum," sebut Yaqin.


Sementara, laka lantas yang terjadi di wilayah hukum Polres Labuhanbatu memasuki hari ke-9. Dari data kecelakaan lalu Ops Zebra Toba 20203, tercatat 3 kasus, tidak ada korban meninggal dunia, luka berat 2 orang dan luka ringan 3 orang. 


Hasil kegiatan itu memperlihatkan telah terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas bila dibandingkan dengan 12 hari sebelum pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023, yaitu kecelakaan sebanyak 9 kejadian, dengan 3 korban meninggal dunia, 2 korban luka berat dan 14 korban luka ringan. 


"Dari data kecelakaan tersebut dapat terlihat bahwa telah terjadi penurunan sebesar 66,7 persen, dan fatalitas korban meninggal dunia menurun 100 persen, atau dalam arti lain, tidak ada fatalitas korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas selama dalam pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023 di wilayah hukum Polres Labuhanbatu," terang Yaqin.


Dia menambahkan, berdasarkan data kecelakaan lalu lintas tersebut, dapat diambil kesimpulan point-point tujuan dilaksanakannya Ops Zebra Toba 2023, yakni menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan menurunkan fatalitas korban. 


Faktor yang menyebabkan tercapainya tujuan tersebut adalah meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terlebih dengan adanya pelaksanaan penindakan pelanggaran lalu lintas dan pelaksanaan patroli pada pagi, siang, sore maupun malam hari," pungkasnya. (04)


KOMENTAR