Bupati Asahan Jawab Pandangan Umum Fraksi Fraksi

Kamis, 21 September 2023 | 12.15 WIB

Bagikan:
Bupati Asahan, H Surya BSc menghadiri sidang paripurna DPRD di Aula Rambate Rata Raya, Kamis (21/9/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Bupati Asahan, H Surya BSc dalam sidang paripurna DPRD menjawab pandangan umum Fraksi Fraksi terhadap Ranperda tentang PAPBD di Aula Rambate Rata Raya, Kamis (21/9/2023).


Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Asahan H Baharuddin Harahap SH dan dihadiri Wakil Ketua, Anggota, Sekda, Asisten, OPD dan undangan lainnya.


Terkait pandangan umum Fraksi P Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PPP dan Fraksi PD tentang pendapatan daerah, Bupati menjawab bahwa Bapenda akan terus melakukan optimalisasi pemungutan pajak daerah. 


Monitoring dan evaluasi terhadap capaian target pajak dan retribusi daerah secara rutin dilaksanakan. Sebagai salah satu teknik identifikasi permasalahan pendapatan daerah dan mencari solusi dalam pemecahan masalah yang terjadi. 


Dalam proses penagihan pajak daerah, kami melibatkan Kejari Asahan dan Sat Pol PP dalam rangka penegakan regulasi terkait pendapatan daerah.


Menanggapi Fraksi Nurani Keadilan terkait persiapan Pemda dalam menyambut Pemilu dan Pilkada 2024, Bupati menjawab untuk menjaga kekondusifan serta netralitas ASN, TNI/Polri, Bakesbangpol telah membentuk Tim Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK).


Tujuannya untuk menentukan langkah strategis Pemilu dan Pilkada. Membentuk tim pemantauan perkembangan situasi politik. Membentuk tim penanganan konflik sosial untuk mencegah timbulnya potensi konflik sebelum dan sesudah Pemilu dan Pilkada.


Membentuk kemitraan bersama Ormas, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Rapat Forkpincam bertujuan untuk penekanan upaya akan netralitas TNI/Polri, ASN bebas dari segala pengaruh tekanan politik, larangan membagikan, memberi komentar dan menyukai unggahan (like) serta ujaran kebencian (hate speech) dari media sosial. (Edo)


KOMENTAR