Truk Pertamina Terbakar di Tol Diawali Pecah Ban

Jumat, 04 Agustus 2023 | 11.31 WIB

Bagikan:
Kobaran api melumat truk tangki di Jalan Tol, Kamis (3/8/2023) malam. (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Pecah ban diduga sebagai penyebab terbakarnya truk tangki BK 8984 EU pengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jalan Tol Belmera Km 16.200 Jalur A Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan, Kamis (3/8/2023) malam.


Kapolsek Percut Sei Tuan Kompol M Agustiawan menyebutkan, truk terbakar milik pengangkutan PT Elnusa Petrofin. Truk saat itu melaju dari Belawan menuju Tebing Tinggi. 


"Kita mendatangi lokasi dan mengamankan TKP, serta mencari keterangan saksi di tempat kejadian," ujarnya, Jumat (4/8/2023).


Agustiawan mengatakan, truk tersebut dikemudikan Sabam Silalahi (45), warga Jalan SM Raja Gang Sumatera, Kecamatan Medan Kota. 


"Saat itu truk mengalami pecah ban sebelah kanan, hingga menimbulkan ledakan. Api kemudian membakar bagian belakang hingga seluruh bodi mobil," katanya. 


Truk tangki tersebut bermuatan 24 ton dengan rincian 8 ton pertalite dan 16 ton minyak solar yang dibagi dalam tiga sekatan dalam tangki. 


"Api dapat dipadamkan petugas yang mendatangkan 3 unit mobil pemadam kebakaran (damkar)," terangnya. 


Agustiawan menambahkan, hingga pukul 00.30 WIB, pihak perusahaan masih melakukan evakuasi minyak. Pada pukul 03.30 WIB, truk yang terbakar sudah dievakuasi dan arus lalulintas sudah berjalan normal. "Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu," pungkasnya. (04)


KOMENTAR