Wartawan Dilarang Masuk Pisah Sambut Kapolda Sumut

Jumat, 21 Juli 2023 | 12.10 WIB

Bagikan:
Sejumlah wartawan dilarang masuk ke Mapolda Sumut, Jumat (21/7/2023). (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Farewell Parade atau acara pisah sambut Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak kepada Irjen Agung Setya Imam Effendi di Mapolda Sumut, Jumat (21/22/2023) pagi, tercoreng karena wartawan dilarang masuk meliput.


Padahal, wartawan yang hadir adalah jurnalis yang sehari-hari meliput di markas Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Mapolda Sumut) tersebut.


Larangan itu diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB di gerbang belakang yang menjadi satu-satunya akses masuk ke Mapolda Sumut, sudah dijaga ketat sejumlah personel dan anggota Provost.


Saat sejumlah wartawan yang sudah hadir berkumpul ingin masuk meliput acara itu, personel yang berjaga langsung melarang. "Mohon maaf pak, dari mana? Kalau wartawan tidak boleh masuk, ini perintah," ujar personel Provost, AKP W Saragih.


Sikap tak humanis itu membuat wartawan terkejut. Sebab, dari dahulu setiap ada acara Farewell Parade seperti ini wartawan selalu diperbolehkan hadir meliput.


"Kenapa nggak bisa masuk pak? Kami wartawan unit Polda Sumut," cetus seorang wartawan.


Ditanya seperti itu, personel Provost yang mengaku lama bertugas di Nias ini bersikukuh, sikap itu sebagai perintah atasan untuk tidak memperbolehkan wartawan masuk.


"Instruksi pimpinan harus steril wartawan, silahkan bapak ibu konfirmasi sama ke Humas dulu," katanya lagi.


Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP Sonny Siregar ketika dikonfirmasi mengakui larangan terhadap wartawan itu perintah pimpinan.


"Belum boleh, belum ada ijin dari pimpinan ya (Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi), tunggu saja di Balai Wartawan ya," tandas Sonny Siregar. 


Guna mengkonfirmasi kebenaran hal tersebut, wartawan melakukan konfirmasi ke Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. Namun sayang, perwira menengah berpangkat melati tiga emas ini tidak mau mengangkat telepon selulernya. 


Hingga berita ini ditulis pukul 12.05 WIB, wartawan belum juga diperbolehkan masuk. (04)


KOMENTAR