Vandiko Gultom Apresiasi Peresmian dan Pesta Budaya Tugu Limbong Mulana Sedunia

Jumat, 07 Juli 2023 | 11.11 WIB

Bagikan:
Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan Ketua Umum sekaligus anggota DPR RI, Effendi Simbolon menghadiri kegiatan peresmian Tugu Limbong Mulana, di Desa Sarimarihit, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Jumat (7/7/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Peresmian dan pesta budaya tugu Parsadaan Pomparan Limbong Mulana Indonesia (PPLMI) sedunia yang dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 6-7 Juli 2023, yang digelar di Limbong, Desa Sarimarrihit, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Jumat (7/7/2023).


Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan pesta Tugu Limbong Mulana di Kabupaten Samosir sebagai suatu upaya pelestarian budaya.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pomparan Limbong Mulana, semoga melalui pesta ini terjalin kekeluargaan dan semakin bersatu," ucap Vandiko.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PPLMI, Bernhard Limbong mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan Ketua Umum PSBI, Bapak Effendi Simbolon untuk berkenan hadir dalam acara peresmian Tugu Limbong Mulana sedunia ini.


"Saya tidak bisa berbicara banyak, saya mendoakan bapak Bupati Samosir, Vandiko Gultom beserta keluarga dan Ketua Umum PSBI, Bapak Effendi Simbolon beserta keluarganya juga diberkati Tuhan," ujar Bernhard.


Dikatakan Bernahard, pesta tugu ini dilaksanakan agar budaya suku Batak ditempat ini semakin menyebar. "Tentunya juga mempersatukan dan menjalin silaturahmi yang baik suku Batak yang ada di Dunia ini terkhususnya marga Limbong Mulana," tuturnya.


Pada kegiatan ini, Limbong Mulana memberikan penghormatan berupa ulos kepada bapak Vandiko Gultom dan bapak Effendi Simbolon sebagai bentuk kasih sayang dan doa mereka.


"Ulos ini adalah sebagai bukti kasih sayang dan doa kami kepada bapak Vandiko Gultom dan Bapak Effendi Simbolon, karena ulos ini adalah lambang berkat dan abadi selamanya," ucap Bernhard.


Menurut Bernhard, Limbong Mulana adalah marga tertua dari keturunan dari suku Batak, "Limbong ini boleh dibilang keluarga Batak yang tertua, dan baru kali ini bisa melaksanakan pesta budaya Batak/peresmian Tugu Limbong, tentu saja itu berkat dan doa kita semua," tandasnya


Pada kesempatan yang sama Bupati Samosir, Vandiko Gultom mengapresiasi serta menyambut baik pelaksanaan pesta Tugu Limbong Mulana di Kabupaten Samosir sebagai suatu upaya pelestarian budaya.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Samosir, saya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Pomparan Limbong Mulana, semoga melalui pesta ini terjalin kekeluargaan dan semakin bersatu," ucap Vandiko.


Ketua umum PSBI yang juga anggota DPR RI, Effendi Simbolon mengaku bangga dengan terlaksananya pesta tugu Limbong Mulana. Sebagai Boru, Effendi meminta berkat kepada Pomparan marga Limbong. "Ada suka cita, saling mengasihi dan kasih melalui pesta ini," pintanya. (val)


KOMENTAR