Edy Rahmayadi Buka PSBD Asahan ke V

Sabtu, 22 Juli 2023 | 20.12 WIB

Bagikan:
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi didampingi Bupati Asahan, H Surya BSc saat pembukaan PSBD Asahan ke V tahun 2023, Sabtu (22/7/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi secara resmi membuka Pangelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Asahan ke V tahun 202, Sabtu (22/7/2023). 


Gubsu mengapresiasi PSBD ini, karena sangat bermanfaat dalam melestarikan seni dan budaya. Ini juga menjadi parawisata lokal bagi masyarakat.


Gubsu berharap, kepada seluruh etnis dapat menjaga kelestarian seni dan budaya dengan mengenalkannya kepada generasi muda. Jangan sampai seni dan budaya yang kita miliki, hilang termakan waktu.


Dalam kesempatan tersebut, Gubsu, Bupati dan Forkopimda mengunjungi 14 rumah adat/etnis yakni Tabagsel, Jawa, Karo, Banjar, Simalungun, Pakpak, India, Tionghoa, Batak Toba, Sunda, Melayu, Minang, Nias dan Aceh.


Kegiatan diikuti 14 etnis, dilaksanakan sejak tanggal 22 Juli hingga 6 Agustus 2023. Acara dipusatkan di Jalan Taufan Gama Simatupang, Kelurahan Sei Renggas Kecamatan Kota Kisaran Barat.


Pembukaan ditandai pemukulan gong sembilan oleh Gubsu, Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Wali Kota Tanjung Balai, Dandim 0208 Asahan, Danlanal TBA, Kapolres Asahan, Sekda Asahan, Ketua PKK Provsu dan Ketua PKK Asahan.


Bupati Asahan, H Surya BSc dalam sambutannya berharap PSBD mampu mentransformasi berbagai nilai yang terkandung di dalamnya. Untuk kehidupan yang lebih baik, terutama bagi generasi muda agar tidak terpengaruh budaya asing yang bernilai negatif. 


"PSBD diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang berjiwa seni dan berkepribadian baik. Hal ini sangat relevan untuk dikembangkan menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa", kata Bupati.


Lebih lanjut, Bupati mengatakan seni budaya kita sarat dengan pesan, ajaran yang berdayaguna untuk menangkal masuknya budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa kita. Fenomena tersebut apabila tidak kita antisipasi, besar kemungkinan akan berpengaruh terhadap bergesernya sendi-sendi kehidupan.


Bupati berharap event ini dapat membawa perubahan yang besar terhadap perkembangan kesenian dan budaya dalam peningkatan ekonomi kerakyatan yang terus tumbuh dan berkembang. (Edo)


KOMENTAR