Disbudpar Gelar Pelatihan Pengelolaan Usaha Homestay

Jumat, 14 Juli 2023 | 17.51 WIB

Bagikan:
Narasumber memaparkan berbagai bahan untuk pengelolaan usaha homestay, di Dusun Hutabalian, Desa Sianjur Mula-mula, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Jumat (14/7/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Samosir menggelar pelatihan kepada masyarakat pengelola usaha homestay, yang dilaksanakan di Dusun Hutabalian, Desa Sianjur Mula-mula, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir, Jumat (14/7/2023).


Pelatihan pengelolaan homestay diikuti 40 peserta, yang terlaksana selama 3 hari pada tanggal 12-14 Juli.


Kepala Bidang Usaha Pariwisata dan Kerja Sama, Jontiner Sinabutar mengatakan, homestay adalah tujuan pada wisatawan untuk menikmati akomodasi, dan juga melakukan interaksi antara pemilik homestay dengan wisatawan.


"Kita berharap adanya pelatihan ini, para pelaku-pelaku homestay yang ada di Kabupaten Samosir supaya dapat menyiapkan peran terbaik terhadap wisatawan yang ingin tinggal di homestay tersebut," ujar Jontiner


Dikatakan Jontiner, pada pelatih tersebut mereka juga melakukan praktek ditempat homestay yang direkomendasi, "Karena disitu ada inovasi-inovasi bagaimana penampilan penyajian, sehingga bisa diterapkan oleh pelaku-pelaku usaha homestay yang kita latih," jelas Jontiner


Ia juga menyampaikan, bahwa wisatawan sekarang melihat homestay itu tidak alternatif lagi tetapi sudah tujuan, sehingga kami dari dinas harus menggalakkan homestay ini dan membina para pelaku-pelaku, tentunya bagian pelayanan, keramahan, dan lain sebagainya yaitu Sapta pesona.


"Wisatawan tersebut tidak hanya menginap saja, tapi ada juga nanti paket wisata yang mereka tawarkan, sehingga wisatawan itu bisa juga melakukan kegiatan dalam hal menginap di homestay, sehingga homestay tersebut adanya daya tarik terhadap wisatawan," ucap Jontiner. (val)


KOMENTAR