Presiden RI : Jadikan Pancasila Sebagai Pengangan Hidup

Kamis, 01 Juni 2023 | 12.12 WIB

Bagikan:
Bupati Asahan pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 di halaman Kantor Bupati Asahan, Kamis (1/6/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Pemkab Asahan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Asahan, Kamis (1/6/2023).


Upacara dipimpin Bupati Asahan dihadiri Wakil Bupati Asahan, Forkopimda, Sekda Asahan, para Asisten, para Staf Ahli Bupati, OPD, Kabag, Camat, Lurah, ASN, Mahasiswa, Pelajar dan OKP.


Bupati Asahan, H Surya BSc saat membacakan pidato Presiden RI mengatakan Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni. Peringatan ini memiliki makna bagi rakyat dan Bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara atau pun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari hari.


Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi covid-19. Ini membuktikan kekuatan Pancasila mampu mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan impian Indonesia 2085. Yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa bangsa lain di dunia.


Menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia. Masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

 

"Ditahun depan kita akan menghadapi pesta demokrasi Pemilu serentak 14 Februari 2024. Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai", kata Bupati.


Di Indonesia angka stunting masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen. Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting.


Presiden mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengaktualisasikan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian kita. Melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 ini, dapat lebih meningkatkan kinerja, meraih prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan.


Usai melaksanakan upacara, Bupati, Wabup, Sekda, Asisten dan OPD mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Aula Melati. (Edo)


KOMENTAR