Lapas Kelas III Pangururan Sambut Kedatangan Kemenkumham Provinsi Sumut

Sabtu, 20 Mei 2023 | 18.50 WIB

Bagikan:
Kunjungan Kemenkumham Sumatera Utara ke Lapas III Pangururan, di Jalan Kejaksaan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu (20/5/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Pangururan menyambut kunjungan Kemenkumham Provinsi Sumatera Utara dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi tugas dan fungsi petugas, serta meresmikan galeri jerajinan warga binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas III Pangururan, di Jalan Kejaksaan No 18, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sabtu (20/5/2023).


Kehadiran Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Sumut, Imam Suyudi dan rombongan langsung disambut dengan Kepala Lapas Kelas III Pangururan, Krisma Ziliwu beserta jajaran ketika memasuki Portir dan langsung memasuki Blok hunian disambut dengan iringan gondang batak oleh warga binaan.


Kepala Kantor Kemenkumham Wilayah Sumatera Utara, Imam Suyudi didampingi Kadiv Pemasyarakatan, Rudy Fernando Sianturi, Kadiv Keimigrasian, Ignatius Purwanto, dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Alex Cosmas, Pinem Sangat mengapresiasi hasil karya galeri dari warga binaan Lapas Kelas III Pangururan.


Selanjutnya Kakanwil, Imam Suyudi bersama seluruh rombongan melaksanakan peresmian galeri kerajinan warga binaan Pemasyarakatan.


Kalapas III Pangururan, Krisma Ziliwu menyampaikan, situasi dan kondisi terkini yang saat ini terjadi di Lapas Kelas III Pangururan, mulai dari jumlah Petugas dan jumlah warga binaan dalam melaksanakan pembinaan keterampilan yang dibuktikan dengan berdirinya galeri jerajinan warga binaan Pemasyarakatan.


"Berdirinya galeri kerajinan warga binaan ini sebagai wadah kreatifitas warga binaan yang akan diresmikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara," ujar Krisma


Dikesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumatera Utara, Imam Suyudi memberikan bimbingan serta penguatan kepada seluruh Petugas dan mengapresiasi seluruh kinerja Petugas Lapas Kelas III Pangururan. 


"Saya sangat mengapresiasi kinerja seluruh Jajaran Lapas Kelas III Pangururan, sinergitasnya bersama Aparat Penegak Hukum lainnya bisa dijaga tetap Solid dan baik, Saya berharap sinergitas itu dapat lebih ditingkatkan lagi," ujar Imam Suyudi


Tidak hanya itu, Imam Suyudi juga mengatakan, terdapat tiga bentuk pembinaan yang harus dilaksanakan oleh Lapas, diantaranya pembinaan sosial, yaitu berupa pemberian program Asimilasi, PB, CB, CMB kepada warga binaan. Ada juga pembinaan kepribadian yang dapat berupa penyuluhan Agama.


Sambung Iman Suyudi, pembinaan kemandirian, seperti pada kesempatan ini kita melaksanakan peresmian galeri kerajinan warga binaan Pemasyarakatan yang merupakan galeri tempat hasil dari bentuk kerajinan-kerajinan tangan warga binaan melalui program pembinaan kemandirian di Lapas Pangururan.


"Saya berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, Lapas Pangururan dapat lebih meningkatkan program pembinaannya kepada seluruh warga binaan, agar nantinya galeri ini dapat berkembang lagi," kata Imam. (val)


KOMENTAR