Wakil Bupati Asahan Tinjau Kondisi Bantaran Sungai Liga Asahan

Jumat, 24 Februari 2023 | 10.25 WIB

Bagikan:
Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin SSos MSi saat meninjau lokasi didampingi Asisten III Khaidir Afrin SE, Sekretaris Diskominfo AA Tanjung SE dan Camat Air Batu, Syahputra SE, Jum'at (24/2/2023). (foto : mimbar/edo)

ASAHAN, (MIMBAR) - Pemkab Asahan akan normalisasi Sungai Liga Asahan sepanjang 3 Km. Sungai ini membelah Desa Pulau Pule dengan Desa Hessa Perlompongan Kecamatan Air Batu dari Jembatan Tani Jaya menuju Jembatan Hessa Perlompongan.


Normalisasi ini merupakan arahan dari Bupati Asahan, H Surya BSc untuk menyahuti aspirasi masyarakat desa tersebut yang mengalami kerugian akibat terendamnya lahan pertanian mereka. Demikian disampaikan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin SSos MSi saat meninjau lokasi didampingi Asisten III Khaidir Afrin SE, Sekretaris Diskominfo AA Tanjung SE dan Camat Air Batu, Syahputra SE, Jum'at (24/2/2023).


Lebih lanjut, Wabup mengatakan normalisasi ini akan dilaksanakan setelah mendapat surat pernyataan dari masyarakat tidak meminta ganti rugi tanahnya yang terkena dampak normalisasi.


Wabup menambahkan, pelaksanaan normalisasi akan menggunakan alat berat excavator untuk mengeruk sungai untuk mengurangi pendangkalan dan mengembalikan fungsi sungai sebagai pengendali banjir dan mengoptimalkan saat menghadapi debit air yang meningkat pada musim hujan.


Wabup meminta kepada masyarakat agar tidak menanam kembali sawit dibantaran sungai setelah dilakukan normalisasi, untuk menjaga sungai tetap dalam keadaan baik. Masyarakat diharapkan bergotong royong membantu pekerja yang melakukan normalisasi.


Selanjutnya Wabup dan rombongan menuju Kantor Camat Kota Kisaran Timur. Kunjungan ini menindaklanjuti arahan Bupati Asahan yang meminta Camat Kota Kisaran Timur untuk memonitor dan memfasilitasi PPK Kota Kisaran Timur dalam melaksanakan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu 2024 (Edo).


KOMENTAR