Limbah Pabrik Tepung Kelapa Milik CV Sejahtera Resahkan Warga Air Joman Baru

Rabu, 24 Februari 2021 | 22.08 WIB

Bagikan:

KISARAN, (MIMBAR) - Limbah tepung kelapa milik CV Sejahtera yang terletak di Desa Air Joman meresahkan warga Dusun II dan IV Desa Air Joman Baru Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan. Limbah pabrik tersebut dibuang ke parit dan mengalir hingga ke "bondar balok" yang berada ditengah pemukiman warga Dusun II dan IV Desa Air Joman Baru. Limbah ini sangat meresahkan warga sekitar karena air menghitam, menimbulkan bau busuk dan air tidak dapat dipergunakan warga sekitar. 

Demikian dikatakan ibu Tini (28) saat dikonfirmasi di kediamannya di Dusun II Desa Air Joman Baru, Rabu (24/2/2021). Lebih lanjut, Tini mengatakan akibat limbah tersebut warga tidak bisa lagi menggunakan air bondar balok untuk mandi, mencuci pakaian dan keperluan lainnya. 

"Bukan hanya aku saja yang terkena dampaknya bang, warga lainnya juga mengalami hal yang sama, mungkin mereka tidak berani protes terhadap pengusaha pabrik. Mungkin ada sanak saudara mereka yang bekerja di perusahaan tersebut. Kemarin saya sempat datang ke pabrik menyampaikan keluhan ini, namun tidak ada solusinya bang. Kami berharap kepada pengusaha agar menyediakan air bersih atau sumur bor untuk di salurkam ke rumah warga yang terdampak limbah pabrik tersebut" kata Tini. 

Mas Busi (45) dan Zulkanain Marpaung (40) warga setempat mengatakan sudah hampir satu bulan air bondar balok ini tidak bisa dimanfaatkan warga akibat tercemar limbah pabrik kelapa tersebut. 

"Terpaksa kami beli air dan sebahagian ada yang nompang mandi dan mencuci pakaian di rumah keluarga. Sebenarnya pabrik tersebut sudah lama beroperasi, tapi beberapa bulan ini limbahnya sangat meresahkan warga. Selama ini parit pembuangan limbahnya ditumbuhi rumput atau semak belukar, namun belakangan ini perusahaan membersihkan parit tersebut pakai alat berat atau beko, sehingga limbah mengalir deras hingga ke bondar balok", kata Zul. 

Sekretaris Desa Air Joman Baru, Dahniat Sirait yang dikonfirmasi di kantornya, Rabu (24/2/2021) mengatakan lokasi pabrik kelapa tersebut terletak di Desa Air Joman. Namun limbah pabriknya mengalir hingga ke bondar balok di Dusun II dan IV Desa Air Joman Baru. 

Dahniat mengatakan selama ini belum ada keluhan maupun laporan warga ke Pemerintahan Desa tentang limbah tersebut. "Sepengetahuan saya pihak pengusaha telah menyediakan sumur bor untuk keperluan warga. Namun demikian nanti saya sampaikan sama Kepala Desa atas keluhaan warga seperti yang di sampaikan abang abang ini" katanya. 

Sekretaris Desa Air Joman, Fauzi mengakui bahwa pabrik kelapa tersebut berada di Desa Air Joman. Fauzi juga mengakui limbah pabrik tersebut mengalir hingga ke Desa Air Joman Baru. "Nanti akan kita sampaikan keluhan warga ini kepada Kades agar disampaikan kepada pihak pengusaha", kata Fauzi. (Edo)

KOMENTAR