Pemkab Asahan Gelar Rapat Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020

Selasa, 14 Juli 2020 | 11.07 WIB

Bagikan:

KISARAN, (MIMBAR) - Pemerintah Kabupaten Asahan menggelar rapat persiapan pelaksanaan tahapan Pilkada serentak tahun 2020 di aula Mawar Kantor Bupati Asahan, Senin (13/7/2020).

Hadir : Bupati Asahan, H Surya BSc, Ketua DPRD Asahan, H Baharuddin Harahap SH, Dandim 0208/AS, Letkol Sri Marantika Beruh, Kajari Asahan, Rahmat Purwanto SH, Kapolres Asahan, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Danlanal TBA, Letkol Dafri, Ketua KPU Asahan, Hidayat SP, Ketua Bawaslu Asahan, Siambaton SH, OPD dan undangan lainnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Asahan, Harry Naldo Tambunan SE dalam laporannya mengatakan tujuan rapat ini untuk mengetahui perkembangan tahapan persiapan Pilkada serentak tahun 2020 di Asahan pasca peraturan KPU RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang program dan penjadwalan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020.

Bupati Asahan berharap kepada seluruh pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Pilkada Asahan untuk bekerja dengan intensitas yang tinggi dan mulia sehingga pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Asahan dapat terlaksana dengan aman, adil, lancar dan demokratis. Bupati Asahan berharap penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) cepat mengevaluasi permasalahan yang ada melalui kerjasama dan koordinasi seluruh pemangku kepentingan.

"Pemilihan Kepala Daerah yang akan kita laksanakan akan terlaksana dengan baik apabila kita menyatukan kesamaan gerak langkah dan mengsinkronisasikan persiapan Pemerintah Daerah, penyelenggara Pilkada maupun seluruh komponen yang terlibat", kata Bupati.

Bupati berharap agar KPU sebagai penyelenggara dapat lebih meningkatkan kerjasama dengan gugus tugas percepatan penanganan covid-19 dan Dinas Kesehatan dalam penerapan protokol kesehatan terkait pencegahan penyebaran dan penularan covid-19 dengan ketat. Pastikan partisipasi kehadiran masyarakat dalam menentukan hak pilih suara tidak mengalami penurunan. KPU membuat suatu aturan tentang kampanye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan sehingga visi dan misi dapat disampaikan kepada masyarakat.

Untuk suksesnya Pilkada tahun 2010 ini saya minta kepada instansi terkait Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Satpol PP, Disdukcapil, Dinas Kesehatan agar bersinergi dalam melaksanakan tugas sesuai tupoksi masing-masing.

Bupati mengatakan tingkat partisipasi masyarakat Asahan yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 sangat baik. Hal ini hendaklah kita tingkatkan pada Pilkada ini sehingga proses memilih calon pemimpin Asahan 5 tahun yang akan datang secara langsung, umum, bebas, rahasia, damai bermartabat dapat terwujud.

Ketua KPU Asahan, Hidayat SP dan Ketua Bawaslu Asahan, Khomaidi Hambali Siambaton SH mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah melaksanakan rapat ini. Kami dapat melihat kesiapan Pemkab Asahan dalam menghadapi Pilkada tahun 2020.

Kami berharap unsur Forkopimda dapat membantu proses Pilkada, sehingga kondusifitas, keamanan dan kelancaran Pilkada dapat tercapai.

Ketua DPRD Asahan, Kajari Asahan dan Kapolres Asahan menyampaikan siap mendukung proses Pilkada tahun 2020. Mereka meminta agar penyelenggara dapat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang tata cara menggunakan hak pilihnya di TPS dengan menerapkan protokol kesehatan. Lakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam mensukseskan Pilkada tahun 2020 di Asahan. (Edo)

KOMENTAR