Warga Asahan Bekerja di RSUD Tengku Mansyur Tanjungbalai Positif Covid 19

Jumat, 05 Juni 2020 | 09.50 WIB

Bagikan:

KISARAN, (MIMBAR) - Press release juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Jumat (5/6/2020) menyatakan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) berinisial S (58) warga Asahan dinyatakan positif covid 19.

"Dari data yang kami diterima, pasien berstatus ASN di RSUD Tengku Mansyur Pemko Tanjung Balai. Pasien bertempat tinggal di jalan FL Tobing Lk VI Kelurahan Gambir Baru Kecamatan Kota Kisaran Timur Asahan", kata Hidayat.

Sebelumnya pasien dirawat di RSUD Tengku Mansyur hari Jumat (29/5/2020) dengan gejala awal demam. sakit kepala hebat dan lemas, Selanjutnya pada hari Minggu (31/5/2020) pasien dirujuk ke rumah sakit rujukan covid-19 Martha Friska Medan guna mendapatkan penanganan yang lebih intensif. Tanggal (3/6/2020) berdasarkan hasil uji swab, S dinyatakan positif covid 19. "Sesuai informasi yang kita terima, hingga saat ini pasien dalam kondisi baik dan menjalani isolasi serta perawatan di RS Martha Friska Medan", kata Hidayat.

Namun sebagai langkah antisipasi penyebaran covid 19 dilingkungan tempat tinggal pasien, tim gugus tugas melakukan penyelidikan epidemiologi dan melakukan tracing terhadap keluarga atau orang yang melakukan kontak langsung dengan pesien.

Hari Kamis (4/6/2020) pukul 14.00 Wib telah dilakukan uji rapid test terhadap 14 orang anggota keluarga dan tetangga yang pernah melakukan kontak langsung dengan pasien. Hasil uji rapid test, 1 orang reaktif, 13 orang non reaktif.

Sebagai tindak lanjut terhadap 1 orang yang reaktif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan langsung di isolasi di RSUD HAMS Kisaran dan selanjutnya akan dirujuk ke salah satu rumah sakit di Medan.

Data terakhir covid-19 di Asahan : positif bertambah menjadi 6 orang (2 orang masih di rawat, 3 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia. PDP : 2 orang (1 orang dirawat, 1 orang meninggal dunia). ODP : tersisa 1 orang. "Kita berharap pasien lekas sembuh", kata Hidayat .

Kami berharap masyarakat tetap tenang, tetap waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tidak menyebarkan informasi yang belum jelas, tetap menjaga kesehatan diri dan lingkungan, tetap gunakan masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, terapkan pola hidup bersih sehat dan tetap di rumah. (Edo)

KOMENTAR