Sesuai SOP Covid-19, Tim Safari Ramadhan Pemkab Asahan Kunjungi 202 Masjid/Musholla

Minggu, 26 April 2020 | 20.41 WIB

Bagikan:

KISARAN, (MIMBAR) - Dengan mengikuti SOP Covid-19, Pemerintah Kabupaten Asahan akan melaksanakan Safari Ramadhan tahun 1441 H/2029 M. Safari Ramadhan tetap akan mengunjungi 202 Masjid/Musholla yang ada di 202 Desa/Kelurahan se Kabupaten Asahan, demikian press release Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Minggu (26/4/2020).

Sementara ada 2 Desa yang tidak dikunjungi tim Safari Ramadhan yakni Desa Sukajadi Kecamatan Meranti dan Desa Rawang Pasar VI Kecamatan Rawang Panca Arga. Di 2 Desa tersebut tidak ada Masjid/Musholla, karena seluruh penduduknya beragama Nasrani.

Pemkab Asahan memastikan pelaksanaan Safari Ramadhan tahun ini akan tetap di gelar tanggal 29 dan 30 April, namun dalam suasana yang sangat berbeda dari tahun tahun sebelumnya karena harus mengikuti SOP percepatan penanganan covid-19.

Setiap tim hanya 3 orang dan kepada seluruh pengurus Badan Kemakmuran Masjid/Musholla yang dikunjungi diimbau untuk tidak mengundang massa, cukup menghadirkan BKM, Lurah/Kades dan beberapa jamaah.

Safari Ramadhan tahun ini dilaksanakan setelah pelaksanaan Sholat Dzuhur dan diupayakan sesingkat mungkin. Ustadz yang dihadirkan diharapkan hanya menyampaikan ceramah tentang percepatan penanganan covid 19 dengan memberikan pemahaman kepada BKM untuk dapat disosialisasikan kepada masyarakat tentang pencegahan covid 19.

Terkait buka puasa bersama dan sholat taraweh oleh tim safari Ramadhan, tahun ini ditiadakan. Setiap Masjid/Musholla yang dikunjungi akan diberikan jam penunjuk waktu sholat dan bingkisan. "Saya memastikan bahwa pelaksanaan Safari Ramadhan tahun ini akan tetap berpedoman pada SOP penanganan covid 19", kata Hidayat. (Edo)

KOMENTAR