Bobby Nasution : Pendataan Sumber Utama Keberhasilan Pembangunan

Senin, 13 Mei 2024 | 16.24 WIB

Bagikan:
Bobby Nasution melaunching Program Cinta Statistik Kota Medan Tahun 2024 di Ruang Rapat III, Balai Kota Medan, Senin (13/5/2024). (foto : mimbar/diskominfo medan)

MEDAN, (MIMBAR) - Wali Kota Medan, Bobby Nasution menekan kepada seluruh jajaran di kewilayahan akan pentingnya memiliki data yang baik. Sebab, pembangunan yang dilakukan harus diawali dengan perencanaan yang baik. Guna mendapatkan perencanaan yang baik, tentunya harus berdasarkan data yang lengkap dan riil sesuai dengan kondisi  sebenarnya.


Penekanan ini disampaikan Bobby Nasution saat melaunching Program Satu Kecamatan Satu Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) Kota Medan Tahun 2024 di Ruang Rapat III, Balai Kota Medan, Senin (13/5/2024).


“Pendataan adalah salah satu sumber utama untuk mencapai hasil pembangunan yang baik. Kalau datanya salah, maka pembangunan pun akan salah," kata Bobby Nasution.


Adapun Program 'Cinta Statistik' ini  merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur kelurahan dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan wilayah hingga daerah lebih tepat sasaran. 


Sedangkan, tujuan dari program 'Cinta Statistik' ini yakni meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Kemudian, standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator Statistik, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di kelurahan tepat sasaran serta membentuk agen statistik yang akan menjadi tim pengelola data pada level desa/kelurahan. (01)


KOMENTAR