Polisi Dalami Sejumlah Kasus Samsul Tarigan

Jumat, 10 November 2023 | 11.35 WIB

Bagikan:
Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi bersama Pj Gubsu dan Pangdam I Bukit Barisan usai mengikuti upacara Hari Pahlawan di TMP Medan, Jumat (10/11/2023). (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyatakan, akan memproses Samsul Tarigan dengan sejumlah kasus yang diduga dilakukan dan melibatkannya.


"Kita akan proses (maksudnya Samsul Tarigan) terkait dengan keterlibatannya dalam berbagai macam kejahatan yang dia lakukan," ujar Agung usai ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan SM Raja Medan, Jumat (10/11/2023).


Kata dia, penyidikan akan dilakukan secara mendalam. Proses penyidikan akan dikonstruksikan hukumnya. Perkara Samsul Tarigan secepatnya disampaikan ke pengadilan agar yang bersangkutan segera diganjar hukuman maksimal.


"Kita akan dorong ke pengadilan agar proses hukumnya segera mendapat putusan dari pengadilan," katanya.


Namun, Agung belum bersedia memberikan keterangan lebih mendetail terkait penangkapan Samsul Tarigan yang merupakan buronan dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO).


Agung hanya menyebut Samsul Tarigan ditangkap di kawasan Kabupaten Tanah Karo pada Kamis (8/11/2023). "Penyidik akan memberikan perkembangan penyidikan," imbuhnya.


Di momentum Hari Pahlawan 10 November ini, Kapolda kembali menegaskan pihaknya bersama Forkompinda dan masyarakat tetap komitmen dalam memberantas narkoba.


"Kiya maknai hari pahlawan ini dengan mengayomi, melayani masyarakat akan terus kita lakukan," tuturnya.


Dia menegaskan, langkah konkrit yang dilakukan pihaknya dalam memberantas peredaran narkoba adalah melakukan penangkapan terhadap para pelaku hingga jaringannya. Sudah ribuan pelaku narkoba ditangkap sejak awal September 2023.


Sementara Pj Gubernur Sumut, Hassanudi menyampaikan, Sumut adalah daerah tertinggi pengguna dan pengedar narkoba.


Karena itu, dia menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat di Sumut untuk memerangi narkoba demi generasi penerus bangsa.


"Kita tahu bahwa Sumatera Utara ini pengguna dan pengedar narkoba tertinggi sesuai dengan data yang ada. Sehingga selalu kita ingatkan bahwa kita darurat narkoba. Karena narkoba ancaman bagi kita semua," tandasnya. (04)


KOMENTAR