Pemkab Asahan Berikan Tablet Tambah Darah ke 500 Remaja Putri

Rabu, 18 Oktober 2023 | 10.51 WIB

Bagikan:
Sekda Asahan berikan tablet penambah darah ke pelajar putri di SMAN 4 Kisaran, Rabu (18/10/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Pemkab Asahan melalui Dinas Kesehatan menggelar gerakan aksi bergizi di SMAN 4 Kisaran, Rabu (18/10/2023).


Kadis Kesehatan dr Hari Sapna menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat sejak dini, khususnya remaja putri usia sekolah lanjutan akan pentingnya mempraktekkan perilaku hidup sehat dan minum tablet tambah darah secara rutin dan terjadwal.


Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi sekolah tentang pentingnya tablet tambah darah, membiasakan olahraga dan konsumsi gizi seimbang. Meningkatkan komitmen sekolah untuk melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin. Mempersiapkan remaja putri yang akan menjadi calon ibu, harus sehat dan bebas dari anemia, agar dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.


"Kegiatan ini diikuti 500 siswi remaja putri dari SMAN 4 Kisaran 400 orang, SMKN sebanyak 50 orang dan SMA/SMK Al Maksum 50 orang", kata dr Sapna.


Sekda Asahan, Drs John Hardi Nasution MSi mengatakan, gerakan aksi bergizi merupakan salah satu komitmen Pemerintah dalam pencegahan stunting. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran remaja putri dalam membiasakan menkonsumsi tablet tambah darah untuk mengurangi resiko anemia.


Lebih lanjut, Sekda mengatakan remaja putri pra nikah adalah wanita usia subur yang harus diberikan perhatian sebelum mereka menikah sebagai upaya edukasi terkait dengan penyakit anemia dan stunting. Jika seorang remaja putri pra nikah menderita anemia, maka anak yang dilahirkan berisiko tinggi untuk stunting.


"Pemkab Asahan mendukung kegiatan yang memberikan dampak positif kepada generasi muda. Semoga kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini bagi pelajar mengenai pentingnya perilaku hidup sehat dan gizi seimbang demi terwujudnya visi misi Asahan sejahtera, religius dan berkarakter", kata Sekda. (Edo)


KOMENTAR