Hatobangon Tabagsel Kukuhkan Pengurus DPP HMTI

Minggu, 29 Oktober 2023 | 17.35 WIB

Bagikan:
Ketua Dewan Penasehat DPP HMTI, H. Syahrul M Pasarbu, SH didampingi para Hatobangon menyerahkan Petaka kepada Ketua Umum DPP HMTI, H. Sobirin Harahap, SE didampingi Sekjen, Freddi P. Daulay, SH, M.Kn dan Bendahara Umum, Hj. Nur Aisyiah Nasution, SE, MM, di Griya Benn International, Jalan T. Amir Hamzah Medan, Ahad (29/10/2023). (foto : mimbar/mar)

MEDAN, (MIMBAR) - Para Hatobangon yang berasal dari Tabagsel (Tapsel, Padang Sidimpuan, Madina, Palas dan Paluta) mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Masyarakat Tabagsel Indonesia (DPP HMTI) dan menyelenggarakan Silaturrahmi Nasional (Silatnas) di Griya Benn International, Jalan T. Amir Hamzah Medan, Ahad (29/10/2023).


Ketua Dewan Penasehat DPP HMTI, H. Syahrul M Pasarbu, SH didampingi para Hatobangon menyerahkan Petaka kepada Ketua Umum DPP HMTI, H. Sobirin Harahap, SE didampingi Sekjen, Freddi P. Daulay, SH, M.Kn dan Bendahara Umum, Hj. Nur Aisyiah Nasution, SE, MM, untuk dikibarkan di seluruh Indonesia.


Para Hatobangon foto bersama dengan pengurus DPP HMTI usai dikukuhkan di Griya Benn International, Jalan T. Amir Hamzah Medan, Ahad (29/10/2023). (foto : mimbar/mar)

Tokoh masyarakat Sumatera Utara, H. Syahrul M. Pasaribu SH, dalam sambutannya menyampaikan, HMTI ini wadah baru, tempat berhimpunnya masyarakat Tabagsel yang berwawasan ke Indonesiaan, khususnya yang di perantauan.


"Saya mengapresiasi segenap pihak yang menginisiasi pembentukan HMTI. Saya sangat yakin perhimpunan yang diketuai H. Sobirin Harahap ini akan maju dan berkembang," kata Syahrul.

Dikatakan Syahrul, Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul serta kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Bahkan, sejumlah tokoh dari Tabagsel memiliki andil yang besar dalam mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

"Intinya, program itu dapat dikerjakan dan harus bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya di Tabagsel sebagai bagian dari Sumatera Utara di Negara Kesatuan Republik Indonesia," pesan Syahrul.


Sementara itu Ketua Umum DPP HMTI, H. Sobirin Harahap SE, dalam sambutannya menyampaikan, HMTI telah memiliki kepengurusan di berbagai daerah yang diawali deklarasi HMTI Tanggal 11 Juni 2023 di Hotel Madani dan perkenalan pengurus Tanggal 29 Juli 2023 di Hotel Grand Kanaya Medan.






"Terimakasih para Hatobangon Tabagsel yang telah mengukuhkan kami pengurus HMTI periode 2023-2028 sekaligus mengharapkan bimbingan yang berkesinambungan dari para Hatobangon, Dewan Penasehat dan Dewan Pakar HMTI. Amanah ini akan kami jaga dan jalankan dengan baik, sehingga perhimpunan kita ini bermanfaat sangat positif bagi masyarakat Tabagsel, dimanapun berada, " ujarnya.


Dikatakan Sobirin, HMTI merupakan wadah bagi semua individu yang berasal dari Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Padang Lawas, dan Kabupaten Padang Lawas Utara. 


Acara yang dihadiri ratusan orang yang berasal dari Tabagsel ini dan juga turut hadir para pengurus HMTI Provinsi Riau dan perwakilan Pemkab/Pemko se Tabagsel mengambil Tema "Holong Do Maroban Domu, Pasada Roha dohot Fikiran tu Kemajuan ni Tabagsel (Cinta kasih menciptakan keharmonisan, merapatkan hati dan pikiran untuk kemajuan Tapanuli Bagian Selatan).


Hadir beberapa tokoh dalam acara tersebut yakni Letjend (Purn) Edy Rahmayadi, Kombes Pol (Purn) Sarbaini Harahap SH, Rahudman Harahap, Syahrul Pasaribu, Pengurus Ikanas, Perwakilan BPD dari Kabupaten Padang Lawas Utara, serta undangan lainnya. (01)


KOMENTAR