Ops Zebra Toba 2023, Polres Labuhan Batu Lakukan Tilang Manual

Selasa, 05 September 2023 | 12.06 WIB

Bagikan:
Polantas Polres Labuhan Batu menindak pengendara pelanggar aturan berlalu lintas. (foto : mimbar/ded)

LABUHAN BATU, (MIMBAR) - Polres Labuhan Batu akan menerapkan tilang manual kepada pengendara kendaraan bermotor (ranmor) yang melanggar aturan lalu lintas 


Tindakan tilang manual itu akan dilakukan pada melaksanakan Operasi (Ops) Zebra Toba 2023 yang berlangsung selama 14 hari, sejak 4 sampai 17 September 2023.


"Tilang manual itu dilakukan berdasarkan surat Telegram Kapolda Sumut Nomor : ST / 487 / VI / HUK.6.5. / 2023 tanggal 14 Juni 2023 tentang Dakgar Lantas yang belum tercakup dalam sistem ETLE dan berpotensi menimbulkan laka lantas," kata Kapolres Labuhan Batu, AKBP James H Hutajulu didampingi Kasat Lantas, AKP M Ainul Yaqin, Selasa (5/9/2023).


Dia menyebut, menyikapan surat telegram tersebut, pihaknya telah membentuk tim khusus (timsus) penindakan pelanggaran lalu lintas yang melaksanakan kegiatan dalam bentuk patroli.


Ops Zebra Toba 2023 memprioritaskan 8 jenis pelanggaran untuk ditindak, yakni pengemudi ranmor menggunakan handphone (HP) saat berkendara, pengemudi ranmor di bawah umur.


Kemudian, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan safety belt, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkohol. Selanjutnya, pengemudi ranmor melebihi batas kecepatan dan kendaraan bermotor menggunakan kenalpot brong.


Menurut dia, penindakan sistem tilang manual dilakukan karena untuk wilayah hukum Polres Labuhanbatu belum tercover dengan sistem ETLE (tilang elektronik). 


"Mekanisme penindakan dilakukan oleh petugas Polantas dengan tIlang di tempat. Sselanjutnya pelanggar diarahkan untuk membayar denda melalui Akun BRIVA serta melengkapi kelengkapan surat-surat kendaraannya," terangnya.


Selain kegiatan penindakan dengan tilang manual, sambungnya, Polres Labuhanbatu juga melaksanakan kegiatan pemasangan spanduk dan baleho, penyebaran brosur dan sticker serta kegiatan penyuluhan ke sekolah (Police goes to School).


"Tujuan pelaksanaan Ops Zebra Toba 2023 adalah menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas hingga fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," pungkasnya. (04)


KOMENTAR