Wujudkan Medan Terang, Pemko Medan Kolaborasi Melalui Sistem KPBU

Jumat, 04 Agustus 2023 | 16.08 WIB

Bagikan:
Wali Kota Medan, Bobby Nasution menandatangani berita acara Konsultasi Publik dan Market Sounding di Balai Kota Medan, Jum'at (4/8/2023). (foto : mimbar/diskominfo medan)

MEDAN, (MIMBAR) - Penerangan jalan umum menjadi fasilitas yang harus diberikan dan dihadirkan kepada masyarakat. Oleh karenanya, guna mewujudkan Medan Terang juga dilakukan dengan membangun kolaborasi bersama stakeholder terkait lainnya melalui sistem Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). 


Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Bobby Nasution saat membuka Konsultasi Publik dan Market Sounding Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Alat Penerangan Jalan (APK) Beserta Smart Roadway Monitoring System Kota Medan di Balai Kota Medan, Jum'at (4/8/2023).


Bobby Nasution mengatakan, keterbatasan anggaran menjadi salah satu alasan sehingga dirasa perlu untuk melakukan sejumlah hal dan kolaborasi dalam menghadirkan APJ, termasuk melalui sistem KPBU. Terkait itu, Bobby Nasution berharap agar semua hal terkait dapat berjalan lancar. 


"KPBU ini menjadi yang pertama di Kota Medan. Kami tentu berharap semuanya dapat berjalan lancar dalam pelaksanaanya dan bermanfaat bagi masyarakat. Adapun yang harus kita junjung dalam pelaksanaannya adalah transparansi dan niat percepatan di dalam kegiatannya, " kata Bobby Nasution. 


Bobby Nasution menuturkan, saat ini baru ada 90 ribu-an penerangan jalan di Kota Medan. Sementara, dibutuhkan sekitar 124.000 penerangan jalan untuk menerangi seluruh wilayah ibukota Provinsi Sumatera Utara. 


"Artinya, baru sekitar 70 persen jumlah penerangan jalan yang ada dari yang kita butuhkan. Termasuk, kita butuh kehadiran lebih lampu LED yang saat ini persentasenya masih berada di angka 15 persen, " imbuhnya di hadapan sejumlah pimpinan perangkat daerah yang hadir. (01)


KOMENTAR