Polda Sumut Hadirkan Polisi Pariwisata Tunjang Kenyamanan Kawasan Danau Toba

Kamis, 24 Agustus 2023 | 16.34 WIB

Bagikan:
Kapolda Sumut kukuhkan Sat Pamobvit untuk penunjang keamanan Danau Toba, Kamis (24/8/2023). (foto : mimbar/ded)

MEDAN, (MIMBAR) - Untuk menunjang kenyamanan di ruang publik kawasan Danau Toba, Polda Sumut menghadirkan Polisi Pariwisata dengan membentuk Satuan Pengamanan Obyek Vital (Sat Pamobvit).


Nantinya, satuan yang beranggotakan 150 personel ini akan tersebar di tujuh Polres penyangga kawasan Danau Toba.


Pembentukan itu dikukuhkan Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Effendi di Aula Tribrata, Kamis (24/8/2023). Hadir juga para Kapolres yang berada di kawasan Danau Toba, yakni Polres Samosir, Polres Simalungun, Polres Toba, Polres Tanah Karo, Polres Humbahas, Polres Taput dan Polres Dairi.


Agung menyatakan, pengukuhan Sat Pamobvit ini untuk mendorong polisi pariwisata ada di daerah tersebut.


"Kita mengelola bagaimana polisi pariwisata ini bisa berjalan dengan baik yang bekerja sama dengan Badan Otoritas Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSD) Danau Toba. Artinya, menjamin bagaimana wisataan yang berkunjung merasakan kemanan dan kenyamanan di daerah wisata ini," ungkapnya.


Agung menjelaskan, tugas polisi pariwisata adalah, menjaga, melindungi, mengayomi para turis yang hadir ke destinasi wisata tersebut.


"Kemudian memberikan pertolongan apabila diperlukan dengan metode pengamanan dan kegiatan di lapangan, memberikan bantuan dan dukungan pada hal-hal yang dibutuhkan para turis terkait dengan arah, lokasi yang akan dituju dan menarik, sehingga turis merasa nyaman dan terlayani dengan baik," jelasnya.


Karena itu, Agung berharap dengan keberadaan polisi pariwisata bisa membuat para turis terkesan dengan berbagai wisata yang ada di Danau Toba.


"Kami sebagai penyelenggara pengamanan dan ketertiban di lokasi ini ingin memberikan kontribusi agar para turis membawa kesan pulang yang aman. Banyak kearifan lokal di tanah Batak ini yang bisa membawa para turis merasakannya begitu mendalam. Itulah yang menjadi tujuan kita bersama," ujarnya.


Agung menambahkan, pada intinya pihaknya ingin menjaga rasa aman bagi masyarakat yang ada di daerah itu, maupun turis baik mancanegara dan lokal. 


Polda Sumut, kata Agung, juga akan membangun layanan pengaduan berupa Call Center 110 dan super apps polri untuk merespon cepat pengaduan.


"Kami akan menempatkan 153 polisi pariwisata setiap hari di sana untuk memastikan para turis melakukan aktivitas dengan aman dan mengisi waktu berlibur di daerah Danau Toba. Personel harus memastikan kenyamanan para turis menikmati indahnya Danau Toba," pungkasnya. (04)


KOMENTAR