Bupati dan Wabup Asahan Tinjau Pelayanan Kontrasepsi KB-MOW

Rabu, 30 Agustus 2023 | 10.40 WIB

Bagikan:
Bupati Asahan, H Surya BSc dan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin SSos MSi foto bersama usai meninjau pelayanan KB MOW di RSUD HAMS, Rabu (30/8/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Dalam rangka bulan bhakti sosial TNI manunggal KB kesehatan, Bupati Asahan, H Surya BSc dan Wakil Bupati Asahan, Taufik Zainal Abidin SSos MSi meninjau pelayanan KB  Medis Operasional Wanita (MOW) di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Abdul Manan Simatupang (RSUD HAMS), Rabu (30/8/2023).


Bupati menyampaikan tujuan kegiatan untuk memenuhi target pengendalian penduduk dengan menggunakan metode KB-MOW. Metode ini ditujukan kepada wanita berusia 35 hingga 45 tahun atau wanita yang tidak menginginkan keturunan lagi.


Lebih lanjut, Bupati mengatakan tujuan perencanaan KB untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera khususnya bagi ibu dan anak. Mengendalikan pertumbahan penduduk suatu negara sesuai Norma Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS) dengan mengendalikan jumlah kelahiran. 


KB juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan suatu keluarga dengan penjarangan angka kelahiran atau jumlah kelahiran bayi, salah satunya dengan pemakaian alat kontrasepsi.


"Kepada pasangan keluarga, utamanya yang baru membina keluarga diharapkan mengikuti program KB dengan menjadi akseptor menggunakan IUD, pil, Implant, kondom dan operasi steril. Dengan mengikuti program KB berarti keluarga dapat menyelamatkan kehidupan serta meningkatkan status kesehatan ibu dan anak. Terutama dalam mencegah kehamilan tak diinginkan, menjarangkan jarak kelahiran, serta mengurangi tingkat risiko kematian bayi", kata Bupati.


Terakhir, Bupati mentampaikan KB dapat memberi keuntungan bagi kehidupan ekonomi keluarga. KB membuktikan bahwa pria ikut bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan reproduksi (Edo)


KOMENTAR