Asisten I Sekdakab Asahan Lepas 46 Peserta Raimuna Nasional ke XII

Rabu, 09 Agustus 2023 | 12.44 WIB

Bagikan:
Asisten I Sekdakab Asahan serahkan bendera kontingen kepada pimpinan kontingen pramuka, Rabu (9/8/2023). (foto : mimbar/diskominfo asahan)

ASAHAN, (MIMBAR) - Bupati Asahan diwakili Asisten I, Buwono Prawana SIP MSi melepas kontingen Pramuka Kwarcab Asahan mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke XII di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur Jakarta Timur.


Pelepasan dilakukan di Aula Melati dengan jumlah peserta 46 orang (32 peserta, 4 pimpinan kontingen, 2 pendamping dan 10 unsur kontingen, Rabu (9/8/2023).


Ketua Kwarcab Asahan, Agus Ramanda mengatakan Rainas dilaksanakan tanggal 13 - 21 Agustus 2023. Ke 46 peserta berasal dari 12 Kwartir Ranting yakni, Aek Songsongan, Air Batu, Air Joman, Buntu Pane, Bandar Pasir Mandoge, Kisaran Barat, Kisaran Timur, Meranti, Pulau Bandring, Rawang Panca Arga, Sei Kepayang dan Tinggi Raja.


Asisten I dalam sambutannya mengatakan Raimuna merupakan pertemuan bagi anggota Pramuka Penegak dan Pandega. Raimuna merupakan bahasa Ambai dari daerah Yapen Waropen, Papua. Rai artinya, sekumpulan orang dengan tujuan tertentu dan muna berarti kekuatan yang bernilai baik dalam mencapai kesuksesan.


"Ini menjadi pegangan kuat dalam setiap penyelenggaraan Raimuna disegala tingkatan untuk dapat menjadi wadah yang tepat dalam segi pengembangan diri, peningkatan kualitas dan pendorong kemajuan generasi muda", kata Buwono.


"Rainas menjadi ajang bagi para anggota Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dengan segala sarana dan kesempatan yang didapatkan. Kita juga mendapatkan pengalaman yang bernilai untuk pengembangan diri sehingga memiliki bekal yang kuat untuk mencapai kesuksesan", kata Buwono.

 

Buwono berpesan, Pertama, jadikan kegiatan ini sebagai sarana belajar, berkarya dan membangun semangat persatuan, persahabatan dan kebersamaan bagi sesama anak bangsa. 


Kedua, ikuti seluruh kegiatan dengan baik, serap pengalaman, pengetahuan dan keterampilan seluas luasnya.


Ketiga, tanamkan kebanggaan kalian sebagai anak pramuka, giatlah belajar dengan tekun dan rajin, taat beribadah, hormati orang tua dan guru.


Keempat, para pimpinan kontingen, pembina dan pendamping kiranya dapat mendampingi, mengawasi dan memfasilitas kebutuhan adik adik dengan penuh tanggung jawab.


Diakhir acara, Asisten I menyerahkan bendera kontigen kepada pimpinan kontigen (Edo)


KOMENTAR