Aniaya Anggota, Kapolres Dairi Minta Maaf

Rabu, 30 Agustus 2023 | 12.25 WIB

Bagikan:
Kapolres Dairi, AKBP Reinhard Nainggolan menjenguk anggotanya yang dianiaya di rumah sakit. (foto : mimbar/ded)

DAIRI, (MIMBAR) - Kapolres Dairi, AKBP Reinhard H Nainggolan memohon maaf atas tindakan disiplin kepada anak buahnya hingga harus dirawat di rumah sakit.


AKBP Reinhard merasa bersalah karena akibat tindakan yang diberikan mengharuskan anak buahnya masuk rumah sakit. Dia bertanggung jawab dan meminta maaf.


“Saya meminta maaf atas kejadian tersebut dan berjanji tidak akan mengulangi kembali,” ujar Reinhard, Selasa (29/8/2023).


Penganiayaan itu berawal pada Senin (28/8/2023) dini hari Kapolres melakukan pengecekan terhadap perwira pengawas dan personel piket SPKT, piket fungsi operasional dan piket Rumah Tahanan Polri (RTP), ditemukan petugas yang melaksanakan piket jaga, tidak merespon panggilan radio Handy Talky (HT).


Kemudian, Kapolres mengumpulkan Perwira pengawas dan petugas piket memberikan teguran lisan serta tindakan disiplin berupa hormat bendera, sambil Kapolres menuju ke barisan piket dan menanyakan kenapa tidak menjawab panggilan radio HT (Handy Talkie), dan dijawab petugas piket Intelkam HT tidak berfungsi baik. 


Untuk memastikan situasi dan kondisi komando, Kapolres mengecek langsung dan ternyata HT tersebut berfungsi baik. Kedua anggota yang menjawab itu kemudian diberikan teguran serta tindakan fisik.


Setelah itu, Kapolres, para pejabat utama, perwira pengawas serta seluruh petugas piket meninggalkan lapangan apel, sementara kedua petugas piket Intelkam dibawa ke ruang Propam.


AKBP Reinhard Nainggolan mengetahui kedua piket Intelkam yang diberikan teguran dan tindakan disiplin tersebut berobat ke RSUD Sidikalang setelah selesai pelaksanaan zoom meeting.


Untuk memastikan anak buahnya dalam kondisi sehat, Kapolres menjenguk ke rumah salit dan diketahui korban memiliki penyakit bawaan, yaitu syaraf terjepit dan hipertensi.


Sementara, Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melalui Kabid Humas, Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, Kapolda memerintahkan Kabid Propam untuk melakukan pemeriksaaan terhadap Kapolres Dairi.


"Terkait tindakan Kapolres, Propam Polda Sumut sudah melakukan pemeriksaan dan klarifikas. Itu perintah Kapolda dan itu tindakan tegas," tandas Hadi. (04)


KOMENTAR