Polsek Palipi Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Desa Cinta Maju

Rabu, 19 Juli 2023 | 18.00 WIB

Bagikan:
Polsek Palipi memadamkan kebakaran lahan, di Wilayah Perbukitan Paratusan, Dusun l, Desa Cinta Maju, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir, Rabu (19/7/2023).(foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Mengetahui adanya asap dan kobaran api yang terlihat dari kantor Polsek Palipi, dengan sigap dan respon cepat Polsek Palipi untuk melakukan pemadaman. Peristiwa kebakaran itu terjadi di Wilayah Perbukitan Paratusan, Dusun l, Desa Cinta Maju, Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir, Rabu (19/7/2023).


Kapolsek Palipi, AKP Parlindungan Sinaga mengatakan, lahan yang terbakar adalah lahan yang kosong ditumbuhi rerumputan alang-alang, sehingga api dengan cepat menyebar karena kondisi rumput yang kering dan angin kencang.


"Mengetahui hal tersebut sehingga Polsek Palipi bersama Camat Sitio-tio, Kepala Desa dan masyarakat bekerja sama untuk memadamkan api dengan menggunakan alat yang seadanya," kata Parlindungan.


Dikatakan Parlindungan, melihat adanya kebakaran dan segera melaporkan insiden kebakaran itu ke WA Grub Karhutla Kecamatan Sitio, dan sampai saat ini belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran.


"Penyebab dan pelaku kebakaran masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwenang. Pada pukul 15.30 WIB, situasi mulai terkendali karena bantuan dari alam turunnya hujan di lokasi kebakaran tersebut," imbuhnya


Menurut Parlindungan, untuk kerugian materil dari lahan yang terbakar diperkirakan mencapai sekitar 10 hektar. "Namun, informasi yang diketahui tidak ada laporan korban jiwa akibat kebakaran ini," pungkasnya. (val)


KOMENTAR