Disdikbudpora Adakan Festival Literasi Batak Toba, Jhonson : Mari Kita Tingkatkan Budaya Batak di Samosir

Sabtu, 03 Juni 2023 | 15.38 WIB

Bagikan:
Kepala Dinas Disdikbudpora, Jhonson Gultom apresiasi tor-tor batak yang ditampilkan oleh siswa SD, di Desa Tomok Parsaoran, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu (3/6/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir adakan Festival Literasi Batak Toba, yang digelar di SD Assisi, Tomok Parsaoran, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sabtu (3/6/2023).


Festival Literasi Batak Toba dengan thema "Arga Do Bona Ni Pinasa". Diadakannya Festival ini untuk meningkatkan karya seni anak siswa SD di Kecamatan Simanindo, dengan membuat beragam perlombaan seni untuk anak tingkat SD di Kecamatan Simanindo.


Adapun perlombaan yang dilaksanakan, diantaranya aksara batak, tor-tor batak, musik batak, turi-turian dan yang terakhir odap/gondang batak.


Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Jhonson Gultom mengatakan, kegiatan ini adalah program Dinas Pendidikan di Tahun 2022-2023, yang sudah dilaksanakan di 9 Kecamatan Kabupaten Samosir" kata Jhonson


"Siswa yang meraih juara akan mendapatkan hadiah, dan tujuannya adalah aksara/peradapan batak di Kabupaten Samosir ditingkatkan, dan sudah kita terapkan kembali, dan menggali kembali aksara batak dan kedepan aksara batak supaya tidak akan hilang dan tidak akan musnah di Kabupaten Samosir" jelas Jhonson.


Dikatakan Jhonson, di Kabupaten Samosir itu adalah budaya yang sangat tinggi yang dijunjung oleh masyarakat batak, terutama di bidang aksara batak, ini adalah tujuan dari Dinas Pendidikan yang sudah action hari ini untuk diperlombakan.


"Harapannya, program dinas pendidikan ini adalah program kurikulum tingkat belajar, maka akan tergalih dan akan lebih maju lagi untuk kurikulum ini, jadi kreasi dari anak-anak kembali lahir di Kabupaten Samosir, harapan kami, semua sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Samosir" tegas Jhonson. (val)


KOMENTAR