Antisipasi Kejahatan Jalanan, Bobby Nasution Dukung Dilakukan Penyekatan

Kamis, 22 Juni 2023 | 14.17 WIB

Bagikan:
Wali Kota Medan, Bobby Nasution (tengah) saat menghadiri pres rilis pengungkapan kasus kejahatan jalanan di Kota Medan di halaman Polrestabes Medan, Kamis (22/6/2023). (foto : mimbar/mar)

MEDAN, (MIMBAR) - Guna mengantisipasi tindak kriminal di jalanan, termasuk aksi begal, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mendukung penuh Polda Sumut, Kodam I/BB, Polrestabes Medan dan Kodim 0201/Medan melakukan patroli dan penyekatan di sejumlah titik di Kota Medan maupun di perbatasan Kota Medan.


Penyekatan yang akan dilakukan nanti bukan untuk masyarakat umum, tetapi berdasarkan kriteria tertentu. Bobby Nasution mengusulkan agar konvoi sepeda motor yang menggunakan knalpot tidak standar masuk dalam kriteria penyekatan tersebut.


“Atas nama Pemko Medan, kami mengapresiasi atas kerja keras yang dilakukan tim Polda Sumut, Kodam I/BB, Polrestabes Medan, Kodim 0201/Medan yang berhasil mengungkap kasus tindak kejahatan. Termasuk, melakukan patroli dan penyekatan yang akan dilakukan," kata Bobby Nasution saat menghadiri pres rilis Pengungkapan Kasus Kejahatan Jalanan di Kota Medan di halaman Polrestabes Medan, Kamis (22/6/2023).


Bobby berharap dilakukan tindakan yang lebih tegas lagi terhadap pelaku tindak kejahatan jalanan tersebut. Sebab, tindakan yang dilakukan sampai menyebabkan korbannya kehilangan nyawa. 


"Ke depannya harus dilakukan tindakan yang lebih tegas lagi, saya sangat mendukungnya," tegasnya didampingi Dandim 0201/Medan, Kolonel Inf Ferry Muzawwad, Kepala Kejaksaan Negeri Medan Wahyu Sabrudin, Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Sumut, Kombes Sumaryono, Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi dan mewakili Ketua Pengadilan Negeri Medan.


Bobby Nasution selanjutnya mengungkapkan, Pemko Medan telah memiliki berbagai program positif bagi generasi muda di usia produktif guna mencegah melakukan tindakan negatif. Salah satunya, program Pemuda Bela Negara (PBN) yang digagasnya bersama Dandim 0201/Medan, Kolonel Inf Ferry Muzawwad SIP MSi.


Dijelaskan Bobby Nasution, program PBN bertujuan untuk melatih dan memudahkan anak-anak guna mempersiapkan fisik, mental dan ilmu pengetahuan mereka agar dapat diterima menjadi prajurit TNI/Polri, IPDN dan sejenisnya.


“Sejak awal tahun program ini dilaunching. Dari 100 orang yang mendaftar, kini sudah satu orang yang berhasil lulus di TNI Angkatan Darat. Program PBN ini merupakan salah satu upaya Pemko Medan dalam mencegah angka kriminal,” ungkapnya. (01)


KOMENTAR