Tingkatkan Kualitas, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gelar Pelatihan Bagi Pengelola Destinasi Pariwisata

Senin, 22 Mei 2023 | 15.06 WIB

Bagikan:
Narasumber memberikan materi-materi kepada pelaku wisata, di Lumban Lintong, Desa Lumban Suhi - Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (22/5/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Samosir menggelar pelatihan kebersihan oingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah di Destinasi Pariwisata kepada masyarakat, yang diikuti 40 orang peserta.


Kegiatan pelatihan tersebut dibuka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Samosir, Tetty Naibaho, yang berlangsung di Lumban Lintong, Desa Lumban Suhi - Suhi Toruan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, pada Senin (22/5/2023).


Kadis Disbudpar yang diwakili Kabid Usaha dan Kerja Sama, Jontiner Sinabutar kepada mimbaronline.com mengatakan, bahwa pelatihan kebersihan lingkungan sanitasi dan pengelolaan sampah di Destinasi Pariwisata merupakan paket pelatihan yang sudah ada juknisnya dari kementerian pariwisata.


"Pelatihan ini bertujuan bagaimana pelaku pariwisata untuk menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di Destinasi Pariwisata, jadi ini adalah bentuk kepedulian kementerian pariwisata terhadap Samosir terkhusus kawasan Destinasi Pariwisata super prioritas Toba" jelasnya.


"Sasaran dari pelatihan ini tentunya untuk pelaku-pelaku pariwisata di Kabupaten Samosir, bisa terdiri dari unsur desa wisata, home stay, restoran/rumah makan dan hotel, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 hari, dimulai dari tanggal 22 - 24 Mei 2023," jelas Jontiner


Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber yakni, Sridewi Fitriani Natadiningrat, dan narasumber ini juga sudah mengerti dibidangnya tentang kebersihan lingkungan, pemerhati lingkungan dan pengelolaan sampah.


"Harapan kami, materi-materi yang diberikan narasumber ini bisa dicerna dan dilaksanakan langsung dan diaplikasikan oleh pelaku-pelaku atau peserta pelatihan ini," ucap Jontiner. (val)


KOMENTAR