Dinas Koperindag Gelar Pelatihan Bisnis dan Manajemen Wirausaha Untuk Pengrajin Tenun Ulos

Selasa, 30 Mei 2023 | 06.15 WIB

Bagikan:
Dinas Koperindag Kabupaten Samosir gelar pelatihan Bisnis dan Manajemen Wirausaha untuk pengrajin Tenun Ulos, di Hotel Vantas, Desa Sialanguan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (29/5/2023). (foto : mimbar/val)

SAMOSIR, (MIMBAR) - Dinas Koperasi UMKM Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Samosir menggelar pelatihan pengelolaan bisnis dan manajemen wirausaha untuk pengrajin Tenun Ulos, kegiatan berlangsung di Hotel Vantas, Desa Sialanguan, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Senin (29/5/2023).


Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan daya saing industri kecil menengah (IKM), pelatihan diikuti 20 peserta, yang digelar selama 6 hari, terhitung mulai tanggal 29 - 3 Juni 2023.


Sekretaris Dinas Koperindag, Jonner Manurung menjelaskan, dengan diadakannya pelatihan ini, "Mereka memproduksi ulos, dan dapat memasarkan dan menjual ulos yang diproduksi tersebut, yaitu dapat meningkatkan taraf atau perekonomian dari masyarakat tersebut," kata Jonner


Untuk pembicara yaitu Romauli Girsang, yang telah menggeluti dibagian tenun warlami (Tenuh dengan menggunakan warna alami), berikutnya ada dari Pemerintah Kabupaten Samosir, yaitu Dinas Penanaman Modal. "Dari sini kita harapkan supaya para peserta ini dapat menggeluti usahanya dapat terdaftar dan dipermudah dalam penerbitan izin usahanya", ucap Jonner


Harapannya, setelah pelatihan ini, para peserta yang menggeluti usaha tenunnya dan juga usaha penjualan ulos, mampu meningkatkan usahanya agar dapat berdaya saing bagi industri-industri lain, dan juga meningkatkan perekonomian mereka. (val)


KOMENTAR