Polda Sumut Amankan Solar yang Curi Warga

Selasa, 03 Januari 2023 | 20.08 WIB

Bagikan:
Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi. (foto : mimbar/dok)

MEDAN, (MIMBAR) - Polda Sumut telah menyita BBM jenis solar yang dicuri warga Belawan dari pipa milik PT Pertamina secara beramai-ramai sebanyak 500 liter. BBM milik Pertamina itu dicuri warga sejak beberapa hari belakangan dan sempat viral.


Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, barang bukti solar di dalam drum penampungan sudah diamankan. Solar diamankan polisi dari rumah-rumah warga di lokasi.


"Hasil sweeping pipa Pertamina sepanjang melewati kawasan pemukiman Polres Belawan itu menyita kurang lebih 500 liter jenis solar yang ditampung oleh para pelaku di drum yang berada di dalam rumahnya," kata Hadi, Selasa (3/1/2023).


Polisi menjelaskan, warga mencuri minyak milik perusahaan plat merah ini dengan cara melubangi pipa menggunakan mesin bor. 


Kemudian pipa disambung dengan pipa baru dan ditampung menggunakan jeriken yang dipersiapkan.


Dari penindakan ini polisi meringkus empat orang pelaku bersama barang bukti. Saat ini mereka masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut.


Berdasarkan pemeriksaan sementara, BBM jenis solar hasil mencuri dari aliran pipa Pertamina ini dijual secara acak.


Sejauh ini Polisi masih berkoordinasi dengan Pertamina berapa kerugian yang dialami perusahaan BUMN tersebut.


"Dijual kemana masih kita dalami. Pelaku ini menampung kurang lebih didistribusikan dijual itu sembarang. Masih koordinasi kerugian," ucapnya. (04)


KOMENTAR